Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Lebaran Hari Ini

PADANG, SERUJI.CO.ID – Ratusan umat muslim jamaah Tarekat Naqsabandiyah melaksanakan shalat Ied 1 Syawal 1439 Hijriah yang dipusatkan di Padang, Rabu (13/6).

Dari pantauan shalat dilaksanakan di Mushalla Baitul Makmur, Kecamatan Pauh, Padang pada pukul 08.00 WIB yang diawali dengan arahan imam tarekat Syafri Malin Mudo dan diakhiri dengan ceramah berbahasa Arab.

“Kami menggunakan sistem hisab munzit dengan menghitung satu Ramadhan dengan perputaran bulan, sehingga bila Ramadhan dilaksanakan Senin 14 Mei 2018, hari ini genap 1 Syawal,” kata Pimpinan Tarekat Naqsabandiyah Sumbar Syafri Malin Mudo, di Padang.

Menurutnya pada pelaksanaan puasa dan shalat Ied dari tarekatnya tidak memiliki perbedaan dari jamaah lainnya.

Seperti shalat Ied dua rakaat dengan tujuh takbir di rakaat pertama dan lima takbir di rakaat kedua.

Kemudian juga saat Ramadhan sama-sama melaksanakan puasa selama 30 hari dengan malam melaksanakan shalat Tarwih berjamaah.

Terkait perbedaan waktu puasa dan Idul Fitri menurut Syafri tidak perlu menjadi persoalan.

Justru dia mengajak seluruh umat Islam untuk bersatu dan memegang teguh Tauhid dan ajaran Allah.

Sekretaris pengurus Mushalla Baitul Makmur Edison Raifindo mengatakan untuk pelaksanaan shalat Ied tahun ini diikuti sebanyak 200 orang yang berasal dari berbagai kecamatan.

Di samping di Mushalla Baitul Makmur, pelaksanaan shalat juga dilaksanakan di kecamatan lain seperti Kuranji.

Total untuk jamaah Naqsabandiyah yang ada di Padang saat ini tercatat 5.000 orang.

Selain Padang, di daerah lain seperti Solok, Payakumbuh dan provinsi Riau juga terdapat jamaah Naqsabandiyah. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengarahkan Gerakan NKRI Bersyariah

Walau begitu, sekali lagi percayalah bahwa perjuangan Islam politik untuk menjadikan Indonesia sebagai negara Islam tak akan pernah mati. Ia akan terus bermetamorfosa dan tersimpan rapi dalam memori kolektif kelompok Islam politik.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER