Jalan Bukittinggi-Pasaman Terganggu Akibat Longsor

LUBUKBASUNG, SERUJI.CO.ID – Jalan nasional menghubungkan Kota Bukittinggi – Kabupaten Pasaman, tepatnya di Muaro Palupuh, Kabupaten Agam, tertimbun material longsor akibat hujan yang melanda daerah itu sejak Senin (23/4) sore sampai Selasa (24/4) pagi.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Wahyu Bestari di Lubukbasung, Selasa (24/4), mengatakan, panjang material longsor di Kecamatan Palupuh itu sekitar 30 meter dan tinggi sekitar dua meter.

Material longsor menimbun sebagian badan jalan mengakibatkan akses transportasi Bukittinggi menuju Pasaman sempat macet sekitar satu jam.

Selain itu, satu truk masuk jurang dengan kedalaman sekitar 10 meter saat melewati jalan tersebut.

“Kita belum mendapatkan informasi terkait kondisi sopir dan kenek, karena anggota Satgas BPBD sedang menuju lokasi,” katanya.

Selain di Palupuh, tambahnya, longsor juga menimbun badan jalan di Sutijo, Nagari Koto Gadang, Kecamatan Ampekkoto.

Longsor juga menimbun badan jalan menghubungkan Palembayan menuju Matur.

Untuk membuang material longsor, pihaknya telah menurunkan anggota Satgas BPBD setempat untuk membuang material longsor.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Agam dan Balai Besar Jalan Nasional Provinsi Sumbar, agar menurunkan alat berat untuk membersihkan material longsor.

“Mudah-mudahan alat berat ini sampai ke lokasi, sehingga akses transportasi kembali normal,” katanya.

Dengan kejadian itu, pihaknya mengimbau pengendara dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat curah hujan tinggi, sehingga tidak menjadi korban longsor dan banjir. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Islam Mementingkan Sasaran, Bukan Sarana

Karena itu, term NKRI Bersyariah, itu sejatinya bid’ah; tidak ada presedennya dalam sejarah Islam alias mengada-ada. Sesuatu yang bid’ah semestinya dijauhi oleh para pengikut Rasulullah Saw. Apalagi jika istilah ini diniatkan untuk hajat politik yang pragmatis.

Prabowo Subianto, “What Is To Be Done”: Catatan atas Pidato Prabowo

Pidato Prabowo Subianto menggelegar di bumi nusantara kemarin malam. Jutaan atau puluhan juta menyaksikan pidato visi-misi tersebut. Dari sisi pidato, Prabowo luar biasa, mampu sebagai "singa podium", yang menjelaskan pikiran-pikirannya seolah berinteraksi dengan suasana audiens dan seolah tanpa teks.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Indonesia Darurat Keadilan