Itera: Badai Siklon Dahlia Bergerak ke Lampung

0
65
Badai tropis
Siklon tropis Cempaka itu kini membentuk suatu kumpulan siklon baru yang dinamakan siklon Dahlia, waspadai bencana Hidrometeorologi. (Foto: Istimewa)

BANDARLAMPUNG, SERUJI.CO.ID – Ahli cuaca dari Institut Teknologi Sumatera (Itera) mengatakan bahwa siklon Dahlia bergerak menuju Lampung akibat perpecahan energi yang dihasilkan oleh siklon tropis Cempaka.

“Siklon tropis Cempaka itu kini membentuk suatu kumpulan siklon baru yang dinamakan siklon Dahlia. Kumpulan ini akan bergerak ke Lampung dengan kecepatan 65 km per jam ke arah selatan,” kata Wahyu Sasongko Putro, Tim Dosen Sains Atmosfir dan Keplanetan Itera, di Bandarlampung, Jumat (1/12).

Ia mengatakan bahwa pergerakan siklon ini akan menghantam sebagian Jawa Barat dan Lampung yang memiliki curah hujan sedang 2-3 hari ke depan.

Karena itu, ia menyarankan untuk mengurangi kegiatan yang berlaku di luar dan waspadai genangan air.

Data yang diperoleh dari weather underground di Stasiun Meteorologi Radin Inten II Branti menunjukkan kecepatan angin berkisar antara 9-13 mph dengan indeks curah hujan moderate.

Keadaan ini juga dipantau dari atas oleh satelit EUMETSAT kemungkinan selama beberapa hari akan turun hujan dan puncaknya adalah pada hari Ahad dan Senin (2 dan 3 Desember).

Ia menjelaskan, dengan menganalisis menggunakan Dvorak technique badai ini memasuki level 7-9 (high/berbahaya).

“Pesan dari kami agar waspada terhadap siklon tropis ini dan kurangi kegiatan di luar (terutama nelayan). Diimbau juga untuk membersihkan sampah-sampah dari saluran air karena kondisi cuaca ini akan berpotensi menyebabkan banjir,” ujarnya lagi.

Fenomena alam ini juga berpengaruh pada tinggi gelombang laut ombak dapat mencapai 3-5 meter tentunya sangat membahayakan aktivitas transportasi jalur laut, khususnya di Selat Sunda. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Wapres Minta Menag Revisi 200 Daftar Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin untuk merevisi daftar pendakwah yang direkomendasikan karena sebelumnya dikeluarkan Kemenag hanya...

Banyuwangi Masuk Kota Cerdas ASEAN

BANYUWANGI, SERUJI.CO.ID - Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, bersama dengan Jakarta dan Kota Makassar, Sulawesi Selatan, masuk dalam jaringan Kota Cerdas ASEAN atau ASEAN Smart...

Korban Tewas Jatuhnya Pesawat di Kuba Jadi 111 Orang

HAVANA, SERUJI.CO.ID - Jumlah korban tewas pada salah satu bencana udara terburuk di Kuba meningkat menjadi 111 pada Senin (21/5), sementara Meksiko menangguhkan kegiatan...
ekonomi syariah

MUI Dukung 200 Daftar Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin mendukung langkah Kementerian Agama yang merilis daftar nama mubaligh karena sifatnya untuk pencegahan terhadap...
Siswa SMA/MAN

Jawa Timur Jalin Kerja Sama Pendidikan dengan Korsel

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan Jawa Timur menjajaki kerja sama pendidikan dengan Korea Selatan setelah ada pertemuan kepala sekolah SMA/SMK se-Surabaya dengan sebuah konsultan...