Irwan Prayitno Ingatkan Pejabatnya Agar Tidak Rakus Perjalanan Dinas

0
35
Irwan Prayitno
Irwan Prayitno melantik Kepala Inspektorat Sumatera Barat, Mardi, di Auditorium Gubernuran, Selasa, 3/10/2017. (Foto: Zardi)

PADANG, SERUJI.CO.ID – Pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat diingatkan agar tidak sekedar melaksanakan amanah seusai aturan, melainkan juga harus mengedepankan aspek kepatutan dan kemanusiaan. Jangan sampai amanah dipergunakan untuk menekan bawahan, serta untuk memakai anggaran seenaknya.

“Jangan karena memiliki kewenangan, tapi berbuat sewenang-wenang. Memungut uang dari bawahan, sering marah-marah tanpa alasan. Kalau ada eselon II seperti itu, pasti saya berikan sanksi,” tegasnya saat melantik Kepala Inspektorat Sumatera Barat, Mardi di Auditorium Gubernuran, Selasa (3/10).

Selain itu, Irwan juga mengingatkan, pejabat eselon II agar arif dalam melaksanakan perjalanan dinas. Untuk kegiatan teknis, diharapkan dipercayakan untuk pejabat eselon III atau IV. Irwan mengungkapkan, saat ini pihaknya memiliki daftar pejabat eselon II yang tergolong sering melakukan perjalanan dinas.

“Sebenarnya tidak menyalahi aturan, tapi tidak patut rasanya. Saya sudah punya catatan atau matrik terkait jumlah perjalanan eselon II. Dalam satu bulan tidak boleh lebih 15 kali. Kalau sampai melebihi, maka izin perjalanan dinasnya saya coret, kemudian disposisi untuk pejabat dibawahnya,” terangnya.

Irwan Prayitno juga berpesan, agar seluruh pejabat eselon II tidak seenaknya melakukan penggantian pejabat eselon III. Semua harus sesuai aturan dan juga menerapkan prinsip kemanusiaan. Jangan sampai ada pejabat yang tinggal hitungan hari pensiun, justru diganti hanya karena kesalahan yang masih bisa ditolerir.

“Dalam melakukan kebijakan, jangan sampai tidak manusiawi. Ingat, Tuhan selalu melihat yang kita lakukan. Apa yang kita lakukan akan kembali ke kita. Kesuksesan pimpinan berkat keberhasilan bawahan. Ingat itu,” ulasnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Irwan Prayitno melantik Mardi sebagai Kepala Inspektorat Sumatera Barat, mengisi kekosongan jabatan yang ditinggal pensiun pejabat sebelumnya.

Mardi ditunjuk dengan mekanisme job fit (pergeseran). Sementara posisi Mardi sebagai Kepala Biro Pemerintahan digantikan Igbal Ramadipayana sebagai pejabat pelaksana tugas (Plt). (Zardi/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Danau Toba

KemenPURR Anggarkan Rp 800 Miliar untuk Danau Toba dan Pulau Samosir

DELI SERDANG, SERUJI.CO.ID - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menganggarkan Rp 800 miliar hingga 2019 untuk membangun jalan menuju Danau Toba dan Pulau...
Besiktas - 2017

Besiktas Masuk ke Putaran 16 Besar Liga Champions Untuk Pertama Kalinya

ISTANBUL, SERUJI.CO.ID -  Juara Turki Besiktas mencapai putaran 16 besar Liga Champions untuk pertama kalinya ketika mereka bangkit dan bermain imbang 1-1 dengan tamunya Porto,...
Kapuspenkum Kejagung M Rum

Kejagung: Pembobol Kredit Bank Mandiri Segera Disidangkan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kejaksaan Agung menyatakan tersangka pembobolan kredit PT Bank Mandiri Tbk sebesar Rp 201,098 miliar, MS alias HP atau Aping dan EWL, segera...

KANAL WARGA TERBARU

skripsi

Ingin Tulisan “WARGA SERUJI” Dibaca Banyak Pengunjung? Cobalah Trik Ini

SERUJI.CO.ID - Untuk menghasilkan tulisan yang enak dibaca dan membuat pembaca selalu menanti tulisan-tulisan anda di kanal "WARGA SERUJI", saya coba berikan sedikit petunjuk...
follow-leader

Menjadi Seorang Pemimpin

Seorang leader/pemimpin harus memiliki jiwa melayani. Pemimpin yang baik berasal dari pengikut yang baik. Cara menjadi pengikut yang baik adalah dengan mendengar, menjadi seorang...

KAPAN PEMIMPIN HARUS DIPATUHI ?

Luthfi Bashori Suatu saat Rasulullah SAW mengirim satu pasukan dan mengangkat seorang Anshar sebagai pemimpin, serta memerintahkan agar seluruh pasukan mematuhi pemimpinnya. Di tengah jalan, tiba-tiba...