Ini Bahayanya Nelayan Melaut Dekat Produksi Migas

LHOKSUKON, SERUJI.CO.ID – Panglima Laot (Lembaga adat laut) Kabupaten Aceh Utara mengimbau para nelayan untuk tidak melaut di dekat anjungan produksi migas NSO-A yang berada di lepas pantai perairan Jambo Aye, karena sangat berbahaya.

“Mencari ikan di dekat lokasi produksi minyak dan gas ini sangat berbahaya, karena bisa menimbulkan korban jiwa jika sewaktu-waktu terjadi kebocoran pipa,” kata Sekretaris Panglima Laot Aceh Utara Asnawai Idris dihubungi di Lhoksukon Jumat (29/12).

Anjungan produksi migas lepas pantai North Sumatra Offshore milik Pertamina Hulu Energi North Sumatra Block (PHE NSB) dan PHE NSO tersebut berada di sekitar 10 mil atas perairan Jambo Aye, Aceh Utara.

“Kami para perwakilan nelayan, termasuk Panglima Laot dari 8 kecamatan yang ada di Aceh Utara tadi pagi disosialisasi oleh PHE NSB di sebuah gedung di Lhokseumawe terkait dampak bahaya ini,” sebut Asnawi.

Dalam sosialisasi itu, kata Asnawi lagi, salah satu yang dijelaskan PHE adalah ketika sewaktu-waktu terjadi kebocoran pipa, maka akan mengeluarkan zat kimia dan ini sangat berbahaya serta mematikan jika terhirup oleh manusia.

Itu sebabnya, ia mengimbau agar para nelayan Aceh Utara khususnya untuk tidak mendekati lokasi produksi migas tersebut. Jarak aman bagi nelayan adalah 3 kilometer dari anjungan.

Dikatakan, di lokasi produksi migas memang banyak terdapat ikan bersarang dan bersembunyi, sehingga nelayan dapat dengan mudah menemukan kelompok ikan dari beragam jenis.

Manajer Humas PHE NSB, Armia Ramli dihubungi terpisah membenarkan, bahwa pihaknya telah menggelar sosialiasi kepada para perwakilan nelayan.

Tujuannya, kata Armia Ramli, pemahaman yang didapat agar disosialiasikan lagi kepada nelayan khususnya yang ada di Aceh Utara.

Dijelaskan, selama ini para nelayan kerap melakukan aktivitas penangkapan ikan di dekat anjungan produksi migas. Itu sangat berbahaya, misalnya saja jika sewaktu-waktu terjadi kobocoran pipa.

“Jarak yang harus dihindari oleh nelayan dari anjungan produksi migas ini adalah 3 kilometer. Jika terjadi kebocoran pipa pada jarak tersebut, maka dipastikan nelayan akan aman,” pungkasnya. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ahmad Dhani The Warrior

Jika John Lennon mampu menciptakan "protest song" seperti "Give peace a chance" atau "imagine", tanpa penderitaan di penjara, maka Dhani akan mampu lebih hebat dari Lennon. Maksudnya, dia selain penggubah lagu/syair dan penyanyi, akan sekaligus menjadi sang pejuang. Ahmad Dhani The Warrior.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER