HUT ke-18 Kabupaten Mentawai, Bawa Tekad Keluar dari Daerah Tertinggal

TUAPEIJAT, SERUJI.CO.ID – Dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Pemkab Mentawai untuk memperingati Hari Jadi ke-18 Kabupaten Mentawai, Wakil Gubernur Nasrul Abit mengajak semua warga Mentawai bertekad untuk membawa daerahnya keluar dari daerah tertinggal.

“Selamat Hari Jadi Mentawai ke 18 tahun, semoga Mentawai segera keluar dari daerah tertinggal,” ujar Nasrul Abit.

Nasrul menyampaikan, memaknai peringatan Hari Jadi Mentawai ke 18 tahun perlu kearifan untuk melakukan koreksi dan evaluasi atas segala pencapaian pada masa lalu, sekaligus bersyukur atas apa yang telah diraih selama ini.

“Memang benar selama ini kita telah bekerja keras, juga telah berhasil dan kemajuan yang tidak sedikit namun tidak sedikit pula persoalan-persoalan krusial mesti arif dan bijaksana mengakui bahwa masih banyak persoalan dan tantangan yang belum sepenuhnya dapat diselesaikan,” ujarnya.

Nasrul juga mengungkapkan, data Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan tingkat kemiskinan tahun 2016 dalam 2 tahun terakhir nilai rata-rata mengalami peningkatan sebesar 1,08 poin yaitu dari 56,33 ini merupakan jumlah peningkatan yang cukup besar, akan tetapi jika dibandingkan IPM dengan kabupaten kota di Sumatera Barat lainnya, Kabupaten Mentawai berada pada urutan ke 19.

Dijelaskannya, nilai 57,41 nilai ini lebih rendah jika dibandingkan dengan rata rata IPM Sumatera Barat 69,98. Selanjutnya dari tingkat kemiskinan Kabupaten Kepulauan Mentawai 15,52 persen lebih tinggi dibandingan provinsi Sumbar 7,09 dan jauh pula lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional 10,86 pada kondisi Maret 2016.

“Hal ini terjadi karena masih banyak desa-desa yang masih terisolir karena itu kita mendorong Pemkab Kepulauan Mentawai mempercepat pembanguan infrastruktur baik jalan dan jembatan serta meningkatkan sarana dan prasarana pendukung sektor pariwisata,” himbaunya.

Nasrul juga menyampaikan, pada saat rapat pembahasan percepatan pembangunan dengan beberapa kementerian termasuk Kementrian Kominfo RI, yang telah menetapkan pembangunan 28 tower komunikasi untuk daerah blank spot di Mentawai agar bisa berkomunikasi dan bisa diakses oleh berbagai belahan dunia, serta dengan meningkatnya sarana komunikasi, masyarakat Mentawai akan terbangun, bangkit memacu diri mengejar ketertinggalan yang ada.

“Untuk itu, kita sangat berharap seluruh komponen masyarakat Mentawai agar bersatu padu, dalam melaksanakan pembangunan di daerah ini termasuk dukungan penyediaan lahan (tanah) pembangunan tower, dan jalan Trans Mentawai,” tuturnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER