Harga Minyak Sawit Mentah di Jambi Naik

JAMBI, SERUJI.CO.ID – Harga minyak sawit mentah (CPO) di Provinsi Jambi periode 13-19 April 2018 mengalami kenaikkan sebesar Rp56 per kilogram yaitu dari Rp7.745 menjadi Rp7.801 per kilogram.

“Sama halnya untuk harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit dan hanya inti sawit pada periode kali ini juga naik,” kata Pejabat Penetapan Harga TBS Sawit Provinsi Jambi, Putri Rainun di Jambi, Ahad (15/4).

Menurut dia, harga inti sawit pada periode kali ini naik Rp60 per kilogram dari Rp5.561 per kilogram menjadi Rp5.621 per kg dengan indeks yang dipakai 89,06 persen.

Sedangkan untuk harga TBS kelapa sawit naik tipis Rp4 per kilogram dari Rp1.391 per kilogram menjadi Rp1.395 per kilogram.

Berikutnya, harga TBS usia tanam tiga tahun yang ditetapkan untuk dua periode tersebut adalah Rp1.395 per kilogram, usia tanam empat tahun Rp1.487 per kilogram, usia tanam lima tahun Rp1.556 per kilogram, usia tanam enam tahun Rp1.621 per kg, dan usia tanam tujuh tahun Rp1.662/kg.

Kemudian, untuk usia tanam delapan tahun senilai Rp1.697 per kg, usia tanam sembilan tahun Rp1.730 per kg, usia tanam sepuluh sampai dengan 20 tahun Rp1.783/kg, usia 21-24 tahun Rp1.730 per kg, dan di atas 25 tahun Rp1.650 per kilogram.

Penetapan harga CPO, TBS, dan inti sawit merupakan kesepakatan tim perumus dalam satu rapat dihadiri para pengusaha, koperasi, dan kelompok tani sawit setempat.

Provinsi Jambi memiliki kebun kelapa sawit seluas 962.000 hektare yang tersebar pada sepuluh kabupaten, dengan produksi sekitar 1.000.000 ton per tahun. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER