Harga Ayam Potong di Palembang Naik

0
29
Pedagang daging ayam
Pedagang daging ayam (ilustrasi)

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID – Harga daging ayam potong di sejumlah pasar tradisional di Palembang, Sumatera Selatan terus bergerak naik dan kini menjadi Rp42.000 per kilogram.

“Harga daging ayam sejak sebulan terakhir mengalami kenaikan Rp2.000 hingga Rp6.000/Kg beberapa kali yang hingga kini total kenaikannya mencapai Rp12.000/Kg,” kata Rahmad, salah seorang pedagang ayam di Pasar Tradisional Sekip Ujung Palembang, Sabtu (12/5).

Dengan terjadinya kenaikan kembali harga daging ayam potong, pada Mei 2018 kenaikan harga mencapai 30 persen dari kondisi normal sebelumnya Rp30.000/kg.

Dia menjelaskan naiknya harga jual daging ayam potong tersebut, karena pasokan dari pengusaha peternak ayam potong kurang lancar dan jumlahnya berkurang, sedangkan permintaan meningkat.

Selain itu, dipengaruhi nilai tebus yang ditetapkan pihak pengusaha peternak ayam potong lebih tinggi dibandingkan sebelumnya, sehingga pedagang menjual ke pelanggan disesuaikan dengan kenaikan penebusan barang dagangan.

Menurut dia, kenaikan harga daging ayam potong ini diperkirakan akan berlangsung lama, bahkan kemungkinan akan naik lagi seiring terjadi peningkatan permintaan masyarakat menjelang Bulan Suci Ramadhan yang jatuh pada pertengahan Mei ini.

Kenaikan harga tersebut, katanya, tidak diharapkan pedagang, karena bisa memengaruhi banyaknya barang yang terjual dan menurunkan keuntungan.

Dalam kondisi harga daging ayam yang tinggi sekarang ini, katanya, penjualan sedikit mengalami penurunan, sedangkan keuntungan penjualan tetap meskipun harga jualnya kepada masyarakat bergerak naik.

Menghadapi kondisi tersebut, katanya, pedagang berharap pihak pemda dan instansi terkait mengendalikan kenaikan harga ayam dan beberapa kebutuhan masyarakat lainnya sehingga aktivitas jual beli di pasar tradisional kembali normal. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polda Sulsel Ringkus Sindikat Narkoba Jaringan Internasional

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sulawesi Selatan meringkus tersangka, yang merupakan sindikat peredaran narkoba jaringan internasional, setelah lebih dari dua tahun...
Pemukiman Yahudi di Tepi Barat

Israel Akan Bangun Ribuan Rumah Baru di Tepi Barat

YERUSALEM, SERUJI.CO.ID - Menteri Pertahanan Israel pada Kamis (24/5) mengatakan berencana meminta persetujuan untuk pembangunan sekitar 2.500 rumah baru sebagai permukiman Yahudi di Tepi...
ott, korupsi

KPK Periksa Bupati Buton Selatan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Bupati Buton Selatan Agus Feisal Hidayat bersama enam orang yang diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT) tiba...

Thailand Rebut Angka Pertama Atas Indonesia di Piala Uber

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Tim Thailand merebut angka pertama atas Indonesia pada pertandingan babak perempat final turnamen bulu tangkis beregu putri Piala Uber melalui pemain...

Angka Kurang Gizi di NTB Masih Tinggi

MATARAM, SERUJI.CO.ID - Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat menyebutkan angka kurang gizi di wilayah itu masih tergolong tinggi. "Masih tinggi prevalensi kurang gizi di NTB,...