Gubernur Sumbar Jaring Investasi Bidang Pariwisata dan Energi di Belanda

PADANG – Pemerintah Sumatera Barat melakukan perjalanan ke beberapa negara di Eropa, seperti Belanda dan Belgia untuk menjaring investasi. Rombongan dipimpin langsung oleh gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, yang akan berlangsung dari tanggal 24-27 Mei 2017.

Investasi yang ditawarkan ada di beberapa sektor, antara lain pariwisata, energi terbarukan, pertambangan, pertanian, perikanan, serta kerjasama riset teknologi. Upaya “jemput bola” menjaring investasi luar negeri ini, sudah yang ke-4 dilakukan Pemprov Sumatera Barat di tahun 2017 ini, setelah sebelumnya ke Australia, Norwegia, dan Inggris.

Kepala Biro Humas Pemprov Sumatera Barat, Jasman Rizal, yang turut menyertai perjalanan tersebut, menjelaskan bahwa pembicaraan investasi ini difasilitasi oleh Kedutaan Besar RI di Den Haag, Belanda.

“Turut menyertai pada pembicaraan tersebut, Duta Besar Indonesia, Yang Mulia  I Gusti Agung Wesaka Puja,” kata Jasman kepada SERUJI melalui pesan singkat, Kamis (25/5).

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sedang menjelaskan prospek investasi di Sumbar. (foto: Deny S/SERUJI)

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno membawa beberapa Kepala Dinas dan Bupati dalam rombongannya, antara lain Kepala Dinas  Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Bupati Agam, Bupati Sijunjung, dan Bupati Solok Selatan.

Beberapa investor yang hadir mendengar presentasi Irwan Prayitno, sangat tertarik dengan peluang investasi yang ditawarkan.

“Saat ini sedang berlangsung pertemuan antara masing-masing investor dengan delegasi Sumatera Barat, untuk merumuskan beberapa hal terkait prospek jenis investasi,” ungkap Jasman.

Dalam pertemuan dirumuskan juga aspek kemudahan investasi dan daya dukung Pemprov, dan aspek teknis pertukaran teknologinya. Dari penjajakan awal, beberapa investor sangat tertarik untuk menggarap sektor energi terbarukan seperti pembangkit tenaga angin dan mikro hidro, pertambangan, serta perikanan.

Di Belanda, selain bertemu investor, Irwan Prayitno sekaligus mengecek persiapan Dinas Pariwisata Sumatera Bara, yang mengikuti Tong-Tong Festival 2017, sebuah ajang festival terbesar bidang budaya dan pariwisata Eropa–Indonesia.

Tong-tong Festival 2017 yang menempati lahan stand seluas 22.000 meter persegi, diikuti oleh perwakilan Dinas Pariwisata beberapa Provinsi di Indonesia, serta beberapa Negara di Eropa. Setiap musim panas Festival Tong Tong yang sebelumnya dikenal sebagai Pasar Malam Besar, diadakan di pasar malam khusus, yang disebut ‘Malieveld’, dekat dengan stasiun kereta api pusat di Den Haag, Belanda.

Setelah meghadiri Tong-tong Festival, delegasi investasi Sumatera Barat, akan melanjutkan perjalanan “jemput bola” investasinya ke negara Belgia pada 26 Mei 2017. (Deny S/ Hrn)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Islam Simbolik dan Islam Substantif: Problema Nilai Islamisitas dalam Politik Indonesia

Bagi saya, Habib Rizieq Shihab masih kurang radikal karena ia tidak memiliki ide original tentang negara nomokrasi Islam, yang menurut Thahir Azhary (1995) sebagai negara ideal atau negara siyasah diniyah dalam konsepsi Ibnu Khaldun (1849). Pengetahuannya tentang Kartosoewirjo yang pernah mendirikan Negara Islam Indonesia di Jawa Barat tahun 1949 juga sangat minim sehingga jika dipetakan, ia hanyalah tokoh pinggiran dalam proses revolusi Islam yang kini sedang berproses di Indonesia.

Ruang Publik yang Manusiawi bersama Pancasila

Indeks dalam konteks ini telah berhasil mengucapkan sayonara pada ide sekularisme.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Mengenal Perbedaan Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar Beserta Hal Menarik Lainnya

Salah satu suku di Indonesia yang cukup unik karena konsistensinya menjaga alam dan memegang teguh adat istiadat.