Gubernur Sumbar Jaring Investasi Bidang Pariwisata dan Energi di Belanda

0
296
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sedang menjelaskan prospek investasi di Sumbar saat berada di Belanda (25/5). (foto: Deny R/SERUJI)

PADANG – Pemerintah Sumatera Barat melakukan perjalanan ke beberapa negara di Eropa, seperti Belanda dan Belgia untuk menjaring investasi. Rombongan dipimpin langsung oleh gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, yang akan berlangsung dari tanggal 24-27 Mei 2017.

Investasi yang ditawarkan ada di beberapa sektor, antara lain pariwisata, energi terbarukan, pertambangan, pertanian, perikanan, serta kerjasama riset teknologi. Upaya “jemput bola” menjaring investasi luar negeri ini, sudah yang ke-4 dilakukan Pemprov Sumatera Barat di tahun 2017 ini, setelah sebelumnya ke Australia, Norwegia, dan Inggris.

Kepala Biro Humas Pemprov Sumatera Barat, Jasman Rizal, yang turut menyertai perjalanan tersebut, menjelaskan bahwa pembicaraan investasi ini difasilitasi oleh Kedutaan Besar RI di Den Haag, Belanda.

“Turut menyertai pada pembicaraan tersebut, Duta Besar Indonesia, Yang Mulia  I Gusti Agung Wesaka Puja,” kata Jasman kepada SERUJI melalui pesan singkat, Kamis (25/5).

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sedang menjelaskan prospek investasi di Sumbar. (foto: Deny S/SERUJI)

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno membawa beberapa Kepala Dinas dan Bupati dalam rombongannya, antara lain Kepala Dinas  Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Bupati Agam, Bupati Sijunjung, dan Bupati Solok Selatan.

Beberapa investor yang hadir mendengar presentasi Irwan Prayitno, sangat tertarik dengan peluang investasi yang ditawarkan.

“Saat ini sedang berlangsung pertemuan antara masing-masing investor dengan delegasi Sumatera Barat, untuk merumuskan beberapa hal terkait prospek jenis investasi,” ungkap Jasman.

Dalam pertemuan dirumuskan juga aspek kemudahan investasi dan daya dukung Pemprov, dan aspek teknis pertukaran teknologinya. Dari penjajakan awal, beberapa investor sangat tertarik untuk menggarap sektor energi terbarukan seperti pembangkit tenaga angin dan mikro hidro, pertambangan, serta perikanan.

Di Belanda, selain bertemu investor, Irwan Prayitno sekaligus mengecek persiapan Dinas Pariwisata Sumatera Bara, yang mengikuti Tong-Tong Festival 2017, sebuah ajang festival terbesar bidang budaya dan pariwisata Eropa–Indonesia.

Tong-tong Festival 2017 yang menempati lahan stand seluas 22.000 meter persegi, diikuti oleh perwakilan Dinas Pariwisata beberapa Provinsi di Indonesia, serta beberapa Negara di Eropa. Setiap musim panas Festival Tong Tong yang sebelumnya dikenal sebagai Pasar Malam Besar, diadakan di pasar malam khusus, yang disebut ‘Malieveld’, dekat dengan stasiun kereta api pusat di Den Haag, Belanda.

Setelah meghadiri Tong-tong Festival, delegasi investasi Sumatera Barat, akan melanjutkan perjalanan “jemput bola” investasinya ke negara Belgia pada 26 Mei 2017. (Deny S/ Hrn)

 

 

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Hari Reresik Malioboro

Wisatawan Keluhkan Mahalnya Tarif Parkir di Yogyakarta

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Keluhan wisatawan terkait tarif parkir kendaraan yang melebihi ketentuan saat libur Lebaran, khususnya di kawasan wisata Kota Yogyakarta mewarnai lini massa di...

Seorang Warga Nunukan Digigit Buaya

NUNUKAN, SERUJI.CO.ID - Seorang warga Kampung Mamolo, Kelurahan Tanjung Harapan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengalami luka-luka akibat digigit buaya pada Ahad (17/6), sekitar pukul 10.30...
Mochamad Iriawan

Terungkap Pengusul Iriawan Sebagai Pj Gubernur Jabar, Mendagri: Presiden Jokowi

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Teka-teki siapa pengusul Komisari Jendral Polisi M. Iriawan sebagai Pejabat Gubernur Jawa Barat, menggantikan Ahmad Heryawan, terjawab saat pelantikan Iriawan yang...

Satpam Sekolah Gagalkan Pencurian Laptop

PONOROGO, SERUJI.CO.ID - Satpam SMPN 2 Jetis, Marni menggagalkan pencurian "laptop" atau komputer jinjing yang dilakukan dua orang tersangka, Randy dan Dika keduanya warga Kabupaten...

Abrasi Laut Ancam Wisata Tanjung Lesung

BANTEN, SERUJI.CO.ID - Abrasi air laut berpotensi mengancam puluhan meter jalan utama menuju destinasi wisata Tanjung Lesung, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, yang menjadi pilihan favorit...