Gubernur Sumbar Jaring Investasi Bidang Pariwisata dan Energi di Belanda

0
242
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sedang menjelaskan prospek investasi di Sumbar saat berada di Belanda (25/5). (foto: Deny R/SERUJI)

PADANG – Pemerintah Sumatera Barat melakukan perjalanan ke beberapa negara di Eropa, seperti Belanda dan Belgia untuk menjaring investasi. Rombongan dipimpin langsung oleh gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, yang akan berlangsung dari tanggal 24-27 Mei 2017.

Investasi yang ditawarkan ada di beberapa sektor, antara lain pariwisata, energi terbarukan, pertambangan, pertanian, perikanan, serta kerjasama riset teknologi. Upaya “jemput bola” menjaring investasi luar negeri ini, sudah yang ke-4 dilakukan Pemprov Sumatera Barat di tahun 2017 ini, setelah sebelumnya ke Australia, Norwegia, dan Inggris.

Kepala Biro Humas Pemprov Sumatera Barat, Jasman Rizal, yang turut menyertai perjalanan tersebut, menjelaskan bahwa pembicaraan investasi ini difasilitasi oleh Kedutaan Besar RI di Den Haag, Belanda.

“Turut menyertai pada pembicaraan tersebut, Duta Besar Indonesia, Yang Mulia  I Gusti Agung Wesaka Puja,” kata Jasman kepada SERUJI melalui pesan singkat, Kamis (25/5).

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno sedang menjelaskan prospek investasi di Sumbar. (foto: Deny S/SERUJI)

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno membawa beberapa Kepala Dinas dan Bupati dalam rombongannya, antara lain Kepala Dinas  Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP), Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Bupati Agam, Bupati Sijunjung, dan Bupati Solok Selatan.

Beberapa investor yang hadir mendengar presentasi Irwan Prayitno, sangat tertarik dengan peluang investasi yang ditawarkan.

“Saat ini sedang berlangsung pertemuan antara masing-masing investor dengan delegasi Sumatera Barat, untuk merumuskan beberapa hal terkait prospek jenis investasi,” ungkap Jasman.

Dalam pertemuan dirumuskan juga aspek kemudahan investasi dan daya dukung Pemprov, dan aspek teknis pertukaran teknologinya. Dari penjajakan awal, beberapa investor sangat tertarik untuk menggarap sektor energi terbarukan seperti pembangkit tenaga angin dan mikro hidro, pertambangan, serta perikanan.

Di Belanda, selain bertemu investor, Irwan Prayitno sekaligus mengecek persiapan Dinas Pariwisata Sumatera Bara, yang mengikuti Tong-Tong Festival 2017, sebuah ajang festival terbesar bidang budaya dan pariwisata Eropa–Indonesia.

Tong-tong Festival 2017 yang menempati lahan stand seluas 22.000 meter persegi, diikuti oleh perwakilan Dinas Pariwisata beberapa Provinsi di Indonesia, serta beberapa Negara di Eropa. Setiap musim panas Festival Tong Tong yang sebelumnya dikenal sebagai Pasar Malam Besar, diadakan di pasar malam khusus, yang disebut ‘Malieveld’, dekat dengan stasiun kereta api pusat di Den Haag, Belanda.

Setelah meghadiri Tong-tong Festival, delegasi investasi Sumatera Barat, akan melanjutkan perjalanan “jemput bola” investasinya ke negara Belgia pada 26 Mei 2017. (Deny S/ Hrn)

 

 

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Kapal terbakar

Belasan Nelayan Jabar Alami Musibah di Lombok

MATARAM, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 16 nelayan asal Desa Karangsong, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengalami musibah kebakaran kapal di perairan utara Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara,...
Imunisasi

Kemenkes Imunisasi Difteri Serentak di Tiga Provinsi

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Kesehatan akan melakukan imunisasi difteri serentak pada tiga provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten pada Senin (11/12) untuk...
Imunisasi

Menkes dan Anies Sosialisasi ORI Cegah Difteri

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Kesehatan, Nila Moeloek dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan sosialisasi program penanggulangan penyakit difteri bernama "Outbreak Response Immunization" (ORI) secara...

KANAL WARGA TERBARU

Sohibul Iman

Selain Sampaikan Pernyataan Sikap, Presiden PKS Ajak Masyarakat Indonesia Boikot Produk AS

JAKARTA - Selain menyampaikan resmi pernyataan sikapnya atas pengakuan Yerussalem sebagai ibukota Israel, Partai Keadilan Sejahtera juga mengajak masyarakat Indonesia untuk memboikot produk-produk Amerika...
images(1)

Keindahan Hawa Nafsu

Muhammad Hanif Priatama Keindahan, sesuatu yang jika dilihat, didengar dan dirasakan, membawa diri bahagia, gembira, lega, kagum, atau senang. Ringkasnya, apapun yang diinginkan, selalu terlihat...

Muslim Klaten Bersatu dalam Aksi Damai Selamatkan Palestina

Muslim Klaten hari ini telah menampakkan ukhuwahnya dalam aksi damai selamatkan Palestina di masjid Al-Aqsho Klaten, Ahad (10/12). Berbagai elemen muslim klaten yang berasal...