Gubernur Gelar Soft Launching Gedung Kebudayaan Sumbar

0
106
gedung kebudayaan sumbar
Acara "Maningkek Janjang" dalam bagian soft launching Gedung Kebudayaan Sumbar, Jumat (19/1/2018). (foto:Humas Sumbar)

PADANG, SERUJI.CO.ID –  Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno melakukan soft launching “Maningkek Janjang” Gedung Kebudayaan Sumbar Zona A, Jumat (19/1) sore. Hadir dalam kesempatan itu Wakil Gubernur Nasrul Abit, Kepala OPD di lingkungan pemprov, Tokoh MUI Buya Masoed Abidin, seniman dan budayawan Sumatera Barat.

“Ada banyak seniman dan budayawan berkelas nasional dan internasional di Sumatera Barat, Gedung Kebudayaan Sumbar ini akan menjadi magnet semarak daya tarik wisatawan dengan karya-karya budaya Minang yang begitu unik dengan pernak-pernik perdaerah yang luar biasa,” kata Irwan Prayitno, Jumat (19/1).

Irwan Prayitno mengaku amat senang ketika Dinas Kebudayaan melakukan riset tentang jenis pakai perempuan Minang ada sebanyak 600 macam di berbagai daerah dengan aneka ragam bentuk coraknya.

“Sementara yang baru terbuku sebanyak 200 buah pada saat pagelaran pakaian Minang oleh ibu-ibu istri kepala daerah se-Sumatera Barat,” terangnya.

Pihaknya juga mengaku senang dengan keberadaan Dinas Kebudayaan karena tidak semua provinsi memiliki Dinas Kebudayaan.

Menurut dia, Sumatera Barat dengan segala kelebihan dan kekayaan intektual budaya yang tinggi menyadari betapa penting Dinas Kebudayaan sebagai upaya melestarikan kesenian dan kebudayaan Minangkabau untuk diketahui oleh generasi muda, guna membentengi diri dari pengaruh budaya asing,” ujarnya.

“Gedung ini dibangun sebagai apresiasi yang tinggi dari pemerintah provinsi Sumatera Barat terhadap kekayaan intelektuak kebudayaan seniman dan budayawan Minangkabau yang begitu banyak dan mendapat sambutan baik dimana-mana baik nasional maupun internasional,” ujar Irwan Prayitno.

Gubernur Irwan Prayitno juga berharap para seniman dan budayawan agar bersabar hingga gedung tersebut benar-benar tuntas pada tahun 2020, pembangunan selesai gedung zona B dan zona C.

“Tahun 2018 kita telah menetapkan anggaran Rp25 Miliar untuk pembangunan gedung zona B,” ungkapnya.

Baca juga: Kawasan Saribu Rumah Gadang Menuju Warisan Dunia

Agar pemakaian Gedung Kebudayaan Sumbar tersebut sesuai dengan keinginan masyarakat Sumatera Barat, Irwan memerintahkan Kepala Dinas Kebudayaan membuka dialog dengan semua elemen masyarakat, seniman, budaya, MUI, LKAAM, para ulama, dan para perantau, serta para penggerak kesenian Minangkabau baik dari dalam daerah maupun yang berada di rantau.

Sehingga, kata dia, keberadaan aktifitasnya sebagai simbol karakter budaya Sumatera Barat yang membanggakan, dan mampu pula menjadi tempat riset pengetahuan kebudayaan itu sendiri bagi semua orang.

“Dan tentu itu semua berdampak akan perkembangan kebudayaan Minangkabau yang dapat menyejahterakan masyarakat Sumatera Barat,” harapnya.

Irwan mengajak semua warganya untuk menjaga, merawat dengan baik Gedung Kebudayaan Sumbar.

“Jangan disalahgunakan pada hal-hal yang merusak nilai-nilai budaya Minangkabau itu sendiri,” pinta Irwan Prayitno Dt. Rajo Bandaro Basa.

Acara “Maningkek Janjang” ini juga dimeriahkan dengan penampilan IP band dan Arif pemenang liga Dangdut Indosiar 2018. (Zardi/SU05)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Deddy Mizwar

Sempat Menolak, Deddy Mizwar Dipastikan Hadir di Debat Publik Ketiga

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 4 Deddy Mizwar (Demiz) dipastikan hadir setelah sempat menolak menghadiri Debat Publik Ketiga Jawa Barat...

Kunjungi Anak-Anak Imigran, Melania Trump Justru Tuai Kecaman

TEXAS, SERUJI.CO.ID -  Kunjungan Ibu Negara Melania Trump pada Kamis (21/6) ke penampungan anak-anak pendatang, yang terpisah dari orangtua mereka di Texas, dibayangi jaketnya, yang...

Tinggalkan Everton, Ramiro Mori Gabung Villarreal

MADRID, SERUJI.CO.ID - Klub liga Spanyol Villarreal rekrut bek Ramiro Funes Mori dari Everton lewat kontrak empat tahun, demikian dikatakan klub asal Spanyol itu. Bek asal...

Sempat Dibatalkan, Akhirnya Laga Persebaya vs Persija Akan Digelar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Operator Liga 1 2018 PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan lanjutan laga kandang yang tertunda Persija Jakarta menghadapi Persebaya Surabaya dan Persib...

KPK Perpanjang Penahanan Bupati Purbalingga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang penahanan tersangka Bupati Purbalingga dalam tindak pidana korupsi suap terkait pengadaan barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten...