Gubernur Gelar Soft Launching Gedung Kebudayaan Sumbar

PADANG, SERUJI.CO.ID –  Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno melakukan soft launching “Maningkek Janjang” Gedung Kebudayaan Sumbar Zona A, Jumat (19/1) sore. Hadir dalam kesempatan itu Wakil Gubernur Nasrul Abit, Kepala OPD di lingkungan pemprov, Tokoh MUI Buya Masoed Abidin, seniman dan budayawan Sumatera Barat.

“Ada banyak seniman dan budayawan berkelas nasional dan internasional di Sumatera Barat, Gedung Kebudayaan Sumbar ini akan menjadi magnet semarak daya tarik wisatawan dengan karya-karya budaya Minang yang begitu unik dengan pernak-pernik perdaerah yang luar biasa,” kata Irwan Prayitno, Jumat (19/1).

Irwan Prayitno mengaku amat senang ketika Dinas Kebudayaan melakukan riset tentang jenis pakai perempuan Minang ada sebanyak 600 macam di berbagai daerah dengan aneka ragam bentuk coraknya.

“Sementara yang baru terbuku sebanyak 200 buah pada saat pagelaran pakaian Minang oleh ibu-ibu istri kepala daerah se-Sumatera Barat,” terangnya.

Pihaknya juga mengaku senang dengan keberadaan Dinas Kebudayaan karena tidak semua provinsi memiliki Dinas Kebudayaan.

Menurut dia, Sumatera Barat dengan segala kelebihan dan kekayaan intektual budaya yang tinggi menyadari betapa penting Dinas Kebudayaan sebagai upaya melestarikan kesenian dan kebudayaan Minangkabau untuk diketahui oleh generasi muda, guna membentengi diri dari pengaruh budaya asing,” ujarnya.

“Gedung ini dibangun sebagai apresiasi yang tinggi dari pemerintah provinsi Sumatera Barat terhadap kekayaan intelektuak kebudayaan seniman dan budayawan Minangkabau yang begitu banyak dan mendapat sambutan baik dimana-mana baik nasional maupun internasional,” ujar Irwan Prayitno.

Gubernur Irwan Prayitno juga berharap para seniman dan budayawan agar bersabar hingga gedung tersebut benar-benar tuntas pada tahun 2020, pembangunan selesai gedung zona B dan zona C.

“Tahun 2018 kita telah menetapkan anggaran Rp25 Miliar untuk pembangunan gedung zona B,” ungkapnya.

Baca juga: Kawasan Saribu Rumah Gadang Menuju Warisan Dunia

Agar pemakaian Gedung Kebudayaan Sumbar tersebut sesuai dengan keinginan masyarakat Sumatera Barat, Irwan memerintahkan Kepala Dinas Kebudayaan membuka dialog dengan semua elemen masyarakat, seniman, budaya, MUI, LKAAM, para ulama, dan para perantau, serta para penggerak kesenian Minangkabau baik dari dalam daerah maupun yang berada di rantau.

Sehingga, kata dia, keberadaan aktifitasnya sebagai simbol karakter budaya Sumatera Barat yang membanggakan, dan mampu pula menjadi tempat riset pengetahuan kebudayaan itu sendiri bagi semua orang.

“Dan tentu itu semua berdampak akan perkembangan kebudayaan Minangkabau yang dapat menyejahterakan masyarakat Sumatera Barat,” harapnya.

Irwan mengajak semua warganya untuk menjaga, merawat dengan baik Gedung Kebudayaan Sumbar.

“Jangan disalahgunakan pada hal-hal yang merusak nilai-nilai budaya Minangkabau itu sendiri,” pinta Irwan Prayitno Dt. Rajo Bandaro Basa.

Acara “Maningkek Janjang” ini juga dimeriahkan dengan penampilan IP band dan Arif pemenang liga Dangdut Indosiar 2018. (Zardi/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy