Gubernur: Anak Penerima PKH Harus Terima KIP

PADANG, SERUJI.CO.ID – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno mengingatkan anak dari penerima program Program Keluarga Harapan (PKH) harus mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Data PKH dengan KIP ini harus sinkron. Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait cek ulang ini. Anak penerima PKH harus dapat KIP,” kata dia di Padang, Jumat (9/3).

Ia menambahkan itu terkait upaya meningkatkan kesejahteraan dan SDM masyarakat melalui program bantuan pemerintah.

Data PKH berada di Dinas Sosial sementara data KIP di Dinas Pendidikan Sumbar. Dua OPD itu diminta bersinergi untuk mensinkronkan datanya.

Tidak boleh ada ego sektoral untuk mensukseskan program pemerintah yang berefek langsung pada masyarakat.

Kepala Dinas Sosial Sumbar, Abdul Ghafar membenarkan tidak sinkronnya data tersebut. Berdasarkan laporan dari lapangan cukup banyak anak penerima PKH yang tidak mendapatkan KIP, jumlahnya sekitar 30 persen.

Data penerima bansos PKH di Sumbar pada 2018 mencapai 195.623 KPM dengan bantuan senilai Rp369.727.470.000.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Burhasman mengatakan pihaknya juga akan melakukan pendataan terhadap anak keluarga kurang mampu yang belum mendapat KIP.

“Kita akan minta kepala sekolah melakukan pendataan,”ujarnya.

KIP merupakan salah satu program pemerintah untuk membantu anak keluarga kurang mampu usia 6-21 tahun agar tetap mendapatkan pendidikan yang baik. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

PT Semen Indonesia: Jebloknya Arus Kas Pasca Akuisisi Super Mahal Holcim

Akuisisi mestinya adalah sesuatu yang positif. Tetapi laporan keuangan terbaru SI berkata lain. Akuisisi justru menurunkan kinerja. Mengapa?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Diserbu Penumpang, Tarif Kapal Pelni Kendari-Jakarta Hanya Rp529 Ribu

Kebetulan harga tiket kapal laut milik Pelni masih relatif murah. Untuk penumpang dewasa dari Kendari hingga Tanjung Priuk, Jakarta Utara hanya dibanderol Rp529 ribu, termasuk tiket kapal super ekspres Jetliner Kendari-Baubau hanya Rp100 ribu perpenumpang.