Gempa Berkekuatan 6,0 SR Guncang Mentawai

PADANG, SERUJI.CO.ID – Gempa berkekuatan 6,0 Skala Richter mengguncang Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada pukul 16.05 WIB dengan kedalaman 10 kilometer.

“Gempa berpusat di 6.96 lintang selatan, 96.11 bujur timur dan tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Padang Panjang Rahmat Triyono saat dikonfirmasi dari Padang, Senin (9/10).

Gempa tersebut berlokasi di 670 kilo meter barat daya Kepulauan Mentawai, namun secara umum gempa tidak dirasakan di Kota Padang dan sekitarnya karena pusat gempa cukup jauh.

Menurut dia, gempa ini mirip dengan gempa bumi yang terjadi pada 2 Maret 2016 yang berpotensi tsunami dan dirasakan oleh hampir seluruh masyarakat Sumbar.

Namun bedanya, kali ini kekuatan gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami, kata dia.

“Dan gempa kali ini bukan di jalur megathrust,” lanjutnya.

Sementara salah seorang warga Kota Padang, Yulia Gustina (25) mengatakan dirinya tidak merasakan getaran apa pun saat terjadinya gempa itu.

“Saya melihat ada informasi gempa di aplikasi BMKG, saat itu sedang mengajar siswa di bimbingan belajar daerah Jati Kecamatan Padang Timur, namun kami tidak merasakan adanya getaran,” katanya.

Sebelumnya berdasarkan data yang dihimpun dari BMKG dalam sebulan terakhir dengan kekuatan gempa yang cukup kuat.

Pada Selasa (5/9) gempa berkekuatan 4,2 Skala Richter mengguncang kota Padang, pukul 09.52 WIB berlokasi di 1,24 lintang selatan, 99,73 bujur timur tepatnya 82 kilometer barat daya Pariaman dengan kedalaman 20 kilometer.

Kemudian pada Jumat (1/9) gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) mengguncang kota Padang pukul 00.06 WIB.

Gempa berlokasi di 1.30 lintang selatan, 99,99 bujur timur, atau 80 kilometer timur laut Mentawai, 86 kilometer barat daya Pasaman Barat, 87 kilometer barat daya Pariaman dan 113 kilometer barat daya Padang dengan kedalaman 10 kilometer, kata Kepala BMKG Padang Panjang Rahmat Triyono.

Berikutnya pada (13/8) gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter mengguncang Kota Padang, pada pukul 10.08 WIB.

Pusat gempa berlokasi di 3.75 lintang selatan, 101.56 bujur timur atau 71 kilometer Barat Daya Bengkulu Utara dengan kedalaman 10 kilometer. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Implikasi Hukum Kebohongan Publik dari Pejabat Negara

JADI DARI KEDUA LANDASAN HUKUM ISLAM TERSEBUT JELAS BERBOHONG ATAU BERDUSTA ADALAH PERBUATAN YANG DILARANG DAN HARAM HUKUMNYA.

GOLPUT: Halal Versus Haram, dan Gerakan Ayo Memilih

Di tahun 2019, kita mencatat ikhtiar gerakan anti Golput yang unik di Indonesia. Promotornya Jeune and Raccord Communication. Tiga anak muda memulai gerakan ini: Monica JR, Riries Puri, Arie Prijono.

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Bukan Hoaks, Paket Internet 10GB Hanya Rp10 dari Telkomsel Untuk Pelajar

PT Telkomsel kembali meluncurkan paket data internet sangat murah untuk pelajar Indonesia yang sedang memjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Paket internet yang diberi nama Kuota Belajar 10GB, bisa didapatkan hanya seharga Rp10 (sepuluh rupiah).

TERPOPULER