Gempa 5,8 SR di Nias Sempat Buat Warga Panik

GUNUNGSITOLI, SERUJI.CO.ID – Warga Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Ahad (2/6), sempat panik akibat gempa berkekuatan 5,8 Skala Richter yang mengguncang Kepulauan Nias.

Sejumlah warga yang sedang mengikuti kebaktian di sejumlah gereja sempat berhamburan keluar akibat kuatnya guncangan gempa.

Sarah, salah satu jemaat Gereja Kristen Protestan Indonesia, mengaku sangat kaget ketika tiba-tiba kursi yang dia duduki saat kebaktian terguncang dengan kuat.

Ia bahkan sempat melihat keluar gereja, sejumlah jemaat gereja GNKP Indonesia di Jalan Sudirman, Kota Gunungsitoli yang sedang menunggu kebaktian kedua selesai berhamburan keluar pagar.

“Saya sedang kebaktian ketika terjadi gempa, dan saya lihat banyak jemaat yang sedang menunggu di luar berhamburan keluar pagar,” ujarnya.

Kepala Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG), Gunungsitoli Djati Kuncoro melalui pesan singkat memberitahu jika gempa terjadi sekitar pukul 10.03.09 WIB itu tidak berpotensi tsunami.

“Sesuai hasil analisis BMKG, gempa bumi yang terjadi memiliki kekuatan 5,8 Skala Richter pada koordinat 0,52 LU dan 98,39 BT, atau tepatnya di laut pada jarak 68 km tenggara Nias Selatan pada kedalaman 48 km,” ujarnya.

Menurut dia, dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi tersebut termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal.

Gempa terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia, tepatnya di zona megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

Djati mengatakan, konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempa bumi yang sangat aktif di wilayah Sumatera.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran kombinasi penyesaran mendatar-turun-turun (oblique-normal fault),” ujarnya.

Selain di Kota Gunungsitoli, guncangan gempa bumi juga dirasakan di Padang Panjang, Bukit Tinggi dan Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Kemudian di Kabupaten Nias Barat dan Kabupaten Nias dan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Dia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Masyarakat diminta untuk memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,” ucapnya.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Bukan Hoaks, Paket Internet 10GB Hanya Rp10 dari Telkomsel Untuk Pelajar

PT Telkomsel kembali meluncurkan paket data internet sangat murah untuk pelajar Indonesia yang sedang memjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Paket internet yang diberi nama Kuota Belajar 10GB, bisa didapatkan hanya seharga Rp10 (sepuluh rupiah).

TERPOPULER