Gapensi: Ratusan Perusahaan Lokal Bangkrut Akibat Kebijakan Pemerintah

TANJUNGPINANG, SERUJI.CO.ID – Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia Provinsi Kepulauan Riau (Gapensi Kepri) menyatakan ratusan perusahaan lokal bangkrut, satu di antaranya akibat pemerintah memberlakukan kebijakan pelunasan pengerjaan proyek dengan tunda bayar.

Sekretaris Gapensi Kepri, Roy Penangsang dalam diskusi antara Forum Keprihatinan Masyarakat Kepri dengan Gubernur Nurdin Basirun di aula Kantor Pemprov Kepri, Senin (19/3), mengatakan, ada kontraktor lokal yang bahkan terpaksa menggadaikan rumahnya untuk melaksanakan proyek, karena pemerintah berutang dengan mereka.

“Rumah disita bank lantaran utang tidak dibayar pemerintah. Pemerintah mengistilahkan utang itu dengan nama tunda bayar, yang membuat kontraktor bangkrut,” ujarnya.

Biasanya, kata dia, saat awal tahun atau ketika pemerintah daerah mulai melelang proyek, lebih dari 600 perusahaan mengurus dokumen di Gapensi. Namun kini karena hanya sekitar 100 perusahaan yang mengurus dokumen.

Para kontraktor pesimis mengikuti lelang tersebut, karena khawatir pelunasan tunda bayar.

Persyaratan dalam lelang proyek tersebut juga dinilai berlebihan. Banyak proyek yang mencantumkan syarat dalam lelang dengan melibatkan banyak tenaga ahli.

“Untuk ikut lelang proyek saja harus mengeluarkan uang belasan juta rupiah untuk membayar tenaga ahli, belum lagi syarat lainnya. Belum tentu menang lelang. Jadi yang mampu mengikuti proyek ini tentu perusahaan besar dari luar daerah, sementara perusahaan lokal menjadi penonton,” ucapnya di hadapan Nurdin.

Gubernur Nurdin mengaku merasa prihatin dengan kondisi kontraktor lokal. Menanggapi permasalahan itu, Nurdin menegaskan sudah memerintahkan agar utang kepada pihak ketiga dibayar. Dalam rapat Organisasi Pemerintahan Daerah tadi pagi, kata dia seluruh utang kepada pihak ketiga wajib dibayar secepatnya.

Pelaksanaan proyek juga sebaiknya dilakukan oleh perusahaan lokal, namun yang sesuai ketentuan yang berlaku.

“Pasti anak daerah yang diutamakan, namun harus dilaksanakan sesuai ketentuan yang berlaku,” katanya. (Ant/SU05)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Konsultasi Manajemen Bersama SNF Consulting

Anda dapat konsultasikan masalah terkait menajemen dan pengelolaan perusahaan kepada SNF Consulting dengan mengisi form di bawah dengan lengkap.

Isu Kuatkan Ekonomi Umat pun Disuarakan oleh TGB Zainul Majdi

Bagi dunia politik, apa beda politisi dengan pemimpin? Orientasi politisi adalah jabatan. Mereka hanya tamu di dunia politik karena datang dan pergi sesuai dengan menang atau kalah dalam pemilihan umum.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.