F-SPSI Batam Akan Gelar Aksi May Day Melibatkan Ribuan Orang

BATAM – Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (F-SPSI) Batam akan menggelar aksi unjuk rasa dalam rangka Peringatan hari buruh sedunia atau May Day pada tanggal 1 Mei 2017 mendatang.

Aksi tersebut akan dipusatkan di depan Kantor Wali Kota Batam, Batam Center dengan melibatkan ribuan buruh anggota F-SPSI.

“Ada kurang lebih 5000 anggota yang ikut berpartisipasi pada hari besar buruh tersebut,” kata Hasan Siregar, pengatur aksi saat ditemui SERUJI selepas rapat Teknis Acara May Day 2017 di The Centro Hotel Sukajadi, Batam, Sabtu (29/4).

Hasan yang akrab disapa Om Jendral menjelaskan dalam aksi tersebut F-SPSI akan menyampaikan beberapa tuntutan kepada pemerintah, baik yang terkait kepentingan buruh maupun masyarakat kota Batam.

“Ada 5 tuntutan yang akan disampaikan SPSI Batam pada aksi May Day nanti. Tuntutan utamanya adalah penolakan kenaikan TDL 45,4% di kota Batam, kemudian menuntut penetapan UMS Kota Batam 2017,” jelasnya.

“Tuntutan lainnya adalah meminta Gubernur segera mengeluarkan Surat Keputusan Upah Sektoral 2017, meminta pemerintah memberikan pelayanan kesehatan gratis untuk para buruh dan menolak sistem pemagangan di perusahaan.”

F-SPSI sepakat bahwasanya buruh tidak mau dikontrol pemerintah terkait pelaksanaan May Day, dengan alasan sampai saat ini pemerintah tidak memperhatikan kesejahteraan buruh pada khususnya dan masyarakat Batam pada umumnya.

Hasan juga menyampaikan bahwa aksi tersebut karena juga membawa tuntutan terkait Tarif Dasar Listrik (TDL) akan melibatkan juga masyarakat yang ingin ikut berpartisipasai dalam aksi tersebut.

“Dengan catatan wajib mengikuti instruksi koordinator lapangan (korlap) dan aturan yang ada sehingga aksi tersebut bisa berjalan dengan tertib,” katanya.

Hasan berharap aksi yang dilakukan F-SPSI Batam ini bisa mendapat perhatian pemerintah pusat.

Terkait peringatan May Day yang diperingati setiap tahun, Hasan mengatakan adalah momentum bagi para buruh untuk memperjuangkan hak-hak mereka bukan untuk berpesta pora. Karena itulah, F-SPSI melarang anggotanya memperingati dengan acara senang-senang.

“Kalau mau bersenang-senang boleh saja, tapi tidak saat May Day,” tegasnya.

 

EDITOR: Harun S

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Benang Kusut Reformasi Agraria

Bila penyelesaian konflik pertanahan dilakukan hanya mendasar kepada tujuan peningkatan elektabilitas, maka hal itu bukanlah penyelesaian yang konfrehensif sesuai amanat Reformasi Agraria yang dicita-citakan.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER