Dua Rangkaian Kereta LRT Tiba di Palembang

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID – Dua rangkaian kereta Light Rail Train Sumatera Selatan tiba di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Rabu (11/4) pagi.

Sekretaris Daerah Pemprov Sumsel Nasrun Umar di Palembang, Rabu (11/4), mengatakan kedatangan train set LRT itu sesuai dengan jadwal, sedangkan sisanya yakni enam train set akan tiba pada Juni 2018.

“Alhamdulillah train set sudah tiba. Ini menjadi momen berharga selama pembangunan LRT sejak pembangunan proyek November 2016. Rencananya, akan ‘di-launching’ train set ini sebelum dipasang,” kata dia.

Ia mengemukakan bahwa peluncuran akan dilakukan pada 20 April yang dihadiri Menteri Perhubungan dan sejumlah dirjen lintas kementerian.

“Kami berharap pekerjaan LRT Sumsel ini tidak ada kendala lagi ke sehingga uji coba pada Juni dapat dilaksanakan,” kata dia.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumsel Nelson Firdaus mengatakan LRT merupakan moda transportasi massal pertama di Tanah Air. Kota Palembang mendapat kehormatan sebagai kota pertama di Indonesia yang bakal menggunakan moda transportasi terbaru itu.

“Sehingga, kami berpikir untuk membuat semacam acara seremonial sebagai penyambutan train set tersebut. Nantinya akan mengundang tokoh-tokoh penting yang telah berjasa menghadirkan LRT Sumsel di Palembang,” ujar dia.

Sebelumnya, rangkaianan kereta dijadwalkan tiba 13 April 2018.

Meski ada jeda waktu yang cukup panjang dari tibanya LRT sampai acara penyambutan, hal itu tidak akan menunda jadwal uji coba atau “conditioning trainset” LRT di jalur. “Persiapan juga diperlukan untuk mengangkut trainset ke Depo Jakabaring. Kalaupun jeda waktunya panjang, tapi uji coba tetap sesuai dengan jadwal,” kata dia.

Ia mengatakan akan dilakukan pengondisian jalur dan kereta dari Depo Jakabaring hingga stasiun OPI Mall sepanjang kurang lebih tiga kilometer. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.