DLH Tegur Tambang Batu-Pasir Belum Laporkan Kegiatan

0
45
Penambangan pasir (ilustrasi)

MUKOMUKO, SERUJI.CO.ID – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu telah memberikan sanksi teguran terhadap sekitar 27 tambang galian C batu dan pasir yang mengantongi izin lingkungan tetapi tidak melaporkan kegiatannya dalam pengelolaan lingkungan tahun 2017.

“Kami telah menegur tambang itu, tetapi sampai sekarang mereka belum melaporkan kegiatannya dalam pengelolaan lingkungan,” kata Kabid Penataan, Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko Fernandi, di Mukomuko, Kamis (29/3).

Sekitar 27 usaha tambang galian C batu dan pasir beroperasi di daerah ini. Mayoritas tambang galian C batu dan pasir telah mengantongi izin lingkungan.

Loading...

Namun, ia menambahkan, mayoritas puluhan tambang batu dan pasir itu tidak melaporkan kegiatannya dalam pengelolaan lingkungan di sekitar tempat usahanya pada semester dua tahun 2017.

Bahkan, katanya lagi, ada satu tambang galian C batu yang belum melaporkan kegiatannya dalam pengelolaan lingkungan di sekitar tempat usahanya kepada instansi itu.

Ia menyatakan, seharusnya tambang galian C batu dan pasir tersebut telah melaporkan kegiatannya dalam pengelolaan lingkungan pada semester pertama dan kedua tahun 2017.

“Satu tambang belum melaporkan kegiatan pengelolaan lingkungan pada semester pertama dan sisanya belum melaporkan kegiatan pada semester kedua,” ujarnya lagi.

Dia menyatakan, tambang galian C batu yang telah memiliki dokumen upaya pengelolaan lingkungan dan pemantauan lingkungan atau UKL-UPL wajib melaporkan kegiatannya sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan.

Menurutnya, ada sanksi terhadap usaha tambang galian C batu yang mengantongi izin lingkungan tetapi tidak melaporkan kegiatannya dalam pengelolaan lingkungan. (Ant/SU02)

Langganan berita lewat Telegram
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU