Disnaker Palembang Lakukan Pencegahan Masuknya TKA

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID  Dinas Tenaga Kerja Palembang, Sumatera Selatan berupaya semaksimal mungkin melakukan pencegahan masuknya tenaga kerja asing (TKA) secara tidak sah atau ilegal.

Untuk mencegah masuknya Tenaga Kerja Asing (TKA) ilegal, dilakukan pengawasan dan pembinaan secara rutin di perusahaan yang selama ini biasa mempekerjakan orang asing, kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Palembang Edison, di Palembang, Senin (4/6).

Menurut dia, di Bumi Sriwijaya ini terdapat ratusan TKA yang sebagian besar bekerja di perusahaan pengolahan karet sebagai peneliti kualitas produk, lembaga kursus bahasa asing, dan bekerja di proyek pembangunan kereta api ringan (LRT).

Berdasarkan pengawasan dan pembinaan terhadap perusahaan di kota ini, pekerja asing yang berasal dari Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, dan Tiongkok itu masuk sesuai dengan ketentuan.

Melalui upaya pencegahan itu, diharapkan dapat menutup celah masuknya TKA secara tidak sah atau melanggar aturan ketenagakerjaan dan Undang Undang Keimigrasian, katanya.

Sementara Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasan (Wasdakim) Kantor Imigrasi Kelas I Palembang Raja Ulul Azmi Syah Wali menjelaskan bahwa hingga Mei 2018 ini telah memberikan kartu izin tinggal terbatas atau Kitas kepada 1.054 warga negara asing dari sejumlah negara kawasan Asia.

Warga Negara Asing (MNA) pemegang Kitas tersebut tersebar di enam kabupaten dan kota dalam wilayah kerjanya meliputi Kota Palembang, Prabumulih, Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, Banyuasin, dan Kabupaten Musi Banyuasin dengan status TKA, pelajar, mahasiswa, dan penyatuan keluarga.

Warga negara asing pemegang Kitas itu, diingatkan untuk memperhatikan batas waktu izin tinggalnya agar terhindar dari sanksi pelanggaran Undang Undang No.6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, terutama Pasal 78 yang mengatur batas waktu izin tinggal.

Sesuai UU Keimigrasian itu, orang asing yang melanggar batas waktu izin tinggal (overstay) akan dikenakan sanksi berupa denda Rp300.000 per hari dan tindakan pemulangan ke negara asalnya secara paksa (dideportasi), kata Raja. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Dari Plot Pembunuhan Menuju Monarkhi Konstitusional di Arab Saudia

Aneka media luar dan dalam negeri dengan telanjang menggambarkannya. Tim 15 orang memutilasi, memotong korban ketika korban masih hidup. Suara melengking korban kesakitan yang luar biasa terdengar dan terekam.

Nasionalisme Kita: Rizal Ramli, Tak berkompromi Dengan Urusan Harga Diri Bangsa

Saat ini Rizal mempersoalkan isu Freeport, kenapa kita beli? kan itu punya kita sendiri setelah berakhir kontrak dua tahun lagi? Lalu orang-orang yang tidak suka pikiran Rizal atau merasa professor pintar atau merasa Rizal oposisi yang iri sama Jokowi, mengolok-olok Rizal sebagai goblok atau pengkhianat atau iri dan dengki atau tidak faham, dan lain sebagainya.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Bantah Keterangan Polisi, BPK Tegaskan Belum Pernah Audit Dana Kemah Pemuda Islam

Ternyata BPK menyatakan belum ada permintaan audit terkait kegiatan Apel dan Kemah Pemuda Islam 2017. Bahkan, BPK pun belum pernah melakukan ekspose terkait dugaan penyimpangan dana atas kegiatan tersebut yang menjerat Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak.

dr. Antina Nevi Hidayati, SpKJ