Disdik Bengkalis Targetkan Kelulusan UNBK 98 Persen

0
58
UNBK (foto:istimewa)

BENGKALIS, SERUJI.CO.ID – Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau menargetkan kelulusan 98 persen terhadap peserta siswa Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) pada tahun 2018 tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Untuk tahun ini kita menargetkan sekitar 98 persen kelulusan siswa yang mengikuti UNBK, dan target ini harus bisa melebihi pencapaian dari tahun sebelumnya yang meraih peringkat ketiga terbaik se-Riau,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Bengkalis Edi Sakura di Bengkalis, Selasa (10/4).

Menurut dia, target tersebut meningkat dari pencapaian yang diraih sebelumnya, dimana Bengkalis meraih peringkat tiga terbaik untuk kategori UNBK dan peringkat empat untuk UNKP se Riau tahun 2017.

Dia mengatakan, untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama UNBK dan UNKP akan dilaksanakan selama tiga hari dari 23 hingga 25 April dan UNBK dilaksanakan di sembilan sekolah diantaranya SMP 1 Bengkalis, SMP 1 dan 3 Bantan dan selebihnya sekolah swasta di Mandau.

“Untuk pengawasan dilakukan secara silang murni artinya setiap sekolah untuk ujian bebasis kertas secara silang dan untuk UNBK dilakukan tiga shift,” jelasnya lagi.

Edi Sakura juga menegaskan pada 2018 untuk tiga sekolah di setiap kecamatan akan dibantu peralatan komputer, hal ini dilakukan untuk memotivasi kepala sekolah agar bisa lebih mandiri dan mengupayakan penambahan peralatan komputer tersebut.

“Tahun 2017 baru sembilan sekolah yang dibantu dan tahun ini ada sekitar 35 sekolah yang akan kita bantu peralatan komputernya, selain itu kita juga berharap kepada kepala sekolah untuk bisa mengupayakan penambahan perlatan komputer yang ada agar sekolah tersebut bisa mandiri,” ujar Edi Sakura.

Sementara itu, untuk UNBK tingkat Sekolah Menegah Tingkat Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah Negeri (MA) sudah dilaksanakan pada hari Senin (9/4), meskipun kewenanangan untuk tingkat SMA dan MAN tersebut sudah berpindah ke propinsi dan bukan dari kabupaten namun Disdik tetap melakukan peninjauan.

“Walaupun kewenangan sudah tidak ada pada kita lagi, tetapi kita bersama Bupati melakukan peninjauan terhadap pelaksanaan UNBK tersebut,” kata Edi Sakura. (Ant/SU02)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU