Disdik Bengkalis Targetkan Kelulusan UNBK 98 Persen

BENGKALIS, SERUJI.CO.ID – Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau menargetkan kelulusan 98 persen terhadap peserta siswa Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) pada tahun 2018 tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Untuk tahun ini kita menargetkan sekitar 98 persen kelulusan siswa yang mengikuti UNBK, dan target ini harus bisa melebihi pencapaian dari tahun sebelumnya yang meraih peringkat ketiga terbaik se-Riau,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Bengkalis Edi Sakura di Bengkalis, Selasa (10/4).

Menurut dia, target tersebut meningkat dari pencapaian yang diraih sebelumnya, dimana Bengkalis meraih peringkat tiga terbaik untuk kategori UNBK dan peringkat empat untuk UNKP se Riau tahun 2017.

Dia mengatakan, untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama UNBK dan UNKP akan dilaksanakan selama tiga hari dari 23 hingga 25 April dan UNBK dilaksanakan di sembilan sekolah diantaranya SMP 1 Bengkalis, SMP 1 dan 3 Bantan dan selebihnya sekolah swasta di Mandau.

“Untuk pengawasan dilakukan secara silang murni artinya setiap sekolah untuk ujian bebasis kertas secara silang dan untuk UNBK dilakukan tiga shift,” jelasnya lagi.

Edi Sakura juga menegaskan pada 2018 untuk tiga sekolah di setiap kecamatan akan dibantu peralatan komputer, hal ini dilakukan untuk memotivasi kepala sekolah agar bisa lebih mandiri dan mengupayakan penambahan peralatan komputer tersebut.

“Tahun 2017 baru sembilan sekolah yang dibantu dan tahun ini ada sekitar 35 sekolah yang akan kita bantu peralatan komputernya, selain itu kita juga berharap kepada kepala sekolah untuk bisa mengupayakan penambahan perlatan komputer yang ada agar sekolah tersebut bisa mandiri,” ujar Edi Sakura.

Sementara itu, untuk UNBK tingkat Sekolah Menegah Tingkat Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah Negeri (MA) sudah dilaksanakan pada hari Senin (9/4), meskipun kewenanangan untuk tingkat SMA dan MAN tersebut sudah berpindah ke propinsi dan bukan dari kabupaten namun Disdik tetap melakukan peninjauan.

“Walaupun kewenangan sudah tidak ada pada kita lagi, tetapi kita bersama Bupati melakukan peninjauan terhadap pelaksanaan UNBK tersebut,” kata Edi Sakura. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Nasionalisme Kita: Rizal Ramli, Tak berkompromi Dengan Urusan Harga Diri Bangsa

Saat ini Rizal mempersoalkan isu Freeport, kenapa kita beli? kan itu punya kita sendiri setelah berakhir kontrak dua tahun lagi? Lalu orang-orang yang tidak suka pikiran Rizal atau merasa professor pintar atau merasa Rizal oposisi yang iri sama Jokowi, mengolok-olok Rizal sebagai goblok atau pengkhianat atau iri dan dengki atau tidak faham, dan lain sebagainya.

Kalimantan, Tumpuan Indonesia ke Depan

Kalau ada orang orang memandang remeh Kalimantan, saya pastikan yang bersangkutan kurang banyak piknik di dalam negeri

Kolaborasi Jadi Kunci Perangi Disinformasi dalam Konten Digital

Asosiasi Media Siber Indonesia Jawa Timur (AMSI) Jatim berkolaborasi dengan Polda Jawa Timur, Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya berupaya bersama-sama memerangi hoaks melalui stakeholders meeting

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

TERPOPULER