Dinkes Mukomuko Lakukan Penyelidikan Epidemiologi DBD

MUKOMUKO, SERUJI.CO.ID – Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sejak dua pekan terakhir melakukan Penyelidikan epidemiologi di sejumlah sekolah di Kecamatan Kota Mukomuko menyusul banyaknya anak-anak sekolah di wilayah itu yang positif terjangkit demam berdarah dengue (DBD).

“Kami melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) di sekolah dasar, karena kami memperkirakan penularan penyakit tersebut dari sekolah,” kata Petugas Monitoring dan Evaluasi Global Fund (GF) Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Ruli Herlindo di Mukomuko, Ahad (8/4).

Sebanyak 25 orang warga setempat yang positif terjangkit demam berdarah dengue (DBD) selama tiga bulan terakhir. Mayoritas penderita DBD di wilayah Kecamatan Kota Mukomuko adalah anak-anak sekolah.

Ia menyatakan, petugas dinas ini telah melakukan PE terkait DBD ini di sejumlah sekolah dalam Kecamatan Kota.

Instansinya menemukan adanya jentik nyamuk aedes aegepty di di sekolah dasar di daerah itu. Instansinya menemukan jentik nyamuk DBD dalam air di pot bunga yang ada di sekolah.

Ia menyatakan, instansinya pada saat itu langsung memberantas jentik nyamuk DBD tersebut. Instansinya membuang air yang tergenang di pot bunga sekolah.

Selain melakukan PE terkait DBD, katanya, instansinya juga memberikan penyuluhan terkait pemberantasan sarang nyamuk (PSN) kepada pihak sekolah.

Setelah ini, ia minta, pihak sekolah tidak membiarkan air tergenang dalam pot bunga di sekolah karena bisa menjadi tempat tumbuh jentik nyamuk DBD.

Selain itu, ia menyarankan, instansi terkait yang melakukan penilaian sekolah adiwiyata di daerah itu agar menambahkan aspek sekolah bebas dari jentik nyamuk DBD sebagai penilaian sekolah adiwiyata di daerah itu. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.