Dinkes Mukomuko Deteksi Penderita Kaki Gajah

MUKOMUKO, SERUJI.CO.ID – Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu telah memeriksa sample darah 1.566 orang siswa di 32 sekolah dasar untuk mendeteksi penderita baru penyakit filariasis atau kaki gajah.

“Kami telah melakukan pemeriksaan sample darah siswa SD di daerah ini. Semua siswa tersebut negatif menderita penyakit tersebut,” kata Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Nen Widiyarti di Mukomuko, Selasa (3/4).

Dinas Kesehatan memeriksa sample darah terhadap sebagian siswa kelas dua hingga tiga SD yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu.

Pemeriksaan sample darah siswa itu untuk memastikan masih ada atau tidak penderita penyakit tersebut setelah instansi itu melakukan pengobatan massal selama lima tahun di daerah tersebut.

“Kita telah melakukan pengobatan massal penyakit kaki gajah selama lima tahun. Kini pemeriksaan ulang,” ujarnya.

Ia menyatakan, instansinya melakukan pemeriksaan ulang darah terhadap sebanyak 1.566 orang siswa kelas satu hingga dua di 32 sekolah daerah di daerah itu.

Dari hasil pemeriksaan darah tersebut, katanya, seluruh siswa kelas satu hingga dua yang tersebat di 32 SD tersebut negatif menderita penyakit kaki gajah.

“Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan dengan cara mengambil darah setiap siswa tersebut, kemudian darah diuji untuk memastikan siswa tersebut menderita penyakit kaki gajah,” ujarnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Goenawan Mohamad, Nyaplok JP dan Ngobok-obok PAN

Setelah berhasil mengobok-obok dan mencaplok Jawa Pos, Goenawan Mohamad (GM) sekarang mengalihkan operasinya dengan mengobok-obok PAN (Partai Amanat Nasional).

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.