Dinkes Batam Pastikan Takjil Aman Dikonsumsi

BATAM, SERUJI.CO.ID – Dinas Kesehatan Kota Batam Kepulauan Riau akan melakukan pemeriksaan takjil yang dijajakan di pasar-pasar kaget dan Bazar Ramadhan demi memastikan penganan berbuka puasa itu layak dan aman dikonsumsi.

Kepala Dinas Kesehatan, Didi Koesmarjadi di Batam, Jumat (18/5), menyatakan tim terdiri dari petugas kesehatan yang mengecek pasar Ramadhan di wilayah masing-masing, sehingga dipastikan tidak ada tempat yang luput dari pemeriksaan Dinkes.

“Kami menyisir semua tempat penjualan, karena yang turun adalah tim puskesmas, jadi mereka turun di wilayah masing-masing,” kata Didi.

Tiap puskesmas mengerahkan lima orang petugasnya untuk memastikan takjil layak dikonsumsi masyarakat.

Ia menyatakan pengecekan jajanan itu menggunakan perlengkapan yang dimiliki tiap puskesmas. Alat itu untuk melihat, apakah makanan yang dijajakan mengandung 4 bahan berbahaya yaitu boraks, formaldehid, rodhamin B dan methil yellow.

“Itu untuk melihat kandungan pewarna dan pengawet,” kata dia.

Kepala Dinas berjanji akan langsung mengumumkan kepada masyarakat bila timnya menemukan takjil dan jajanan lainnya yang mengandung bahan berbahaya.

Dan kepada pedagang yang kedapatan menggunakan bahan pewarna dan pengawet tidak layak konsumsi, akan diberikan pembinaan.

“Tapi untuk pedagang yang sudah berulang kali melanggar, akan diberikan sanksi sesuai Undang-undang Keamanan Pangan,” kata dia.

Sama dengan Pemkot Batam, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Kepulauan Riau juga akan memeriksa jajanan pasar demi memastikan tidak mengandung bahan berbahaya konsumsi.

Kepala BPOM Kepri, Yosef Dwi Irawan mengatakan timnya bahkan akan mengintensifkan pemeriksaan kelayakan bahan pangan saat Ramadhan.

“Pemeriksaan itu bagian dari komitmen kami memberikan rasa aman kepada masyarakat,” kata dia. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.