Dinkes Batam Pastikan Takjil Aman Dikonsumsi

BATAM, SERUJI.CO.ID – Dinas Kesehatan Kota Batam Kepulauan Riau akan melakukan pemeriksaan takjil yang dijajakan di pasar-pasar kaget dan Bazar Ramadhan demi memastikan penganan berbuka puasa itu layak dan aman dikonsumsi.

Kepala Dinas Kesehatan, Didi Koesmarjadi di Batam, Jumat (18/5), menyatakan tim terdiri dari petugas kesehatan yang mengecek pasar Ramadhan di wilayah masing-masing, sehingga dipastikan tidak ada tempat yang luput dari pemeriksaan Dinkes.

“Kami menyisir semua tempat penjualan, karena yang turun adalah tim puskesmas, jadi mereka turun di wilayah masing-masing,” kata Didi.

Tiap puskesmas mengerahkan lima orang petugasnya untuk memastikan takjil layak dikonsumsi masyarakat.

Ia menyatakan pengecekan jajanan itu menggunakan perlengkapan yang dimiliki tiap puskesmas. Alat itu untuk melihat, apakah makanan yang dijajakan mengandung 4 bahan berbahaya yaitu boraks, formaldehid, rodhamin B dan methil yellow.

“Itu untuk melihat kandungan pewarna dan pengawet,” kata dia.

Kepala Dinas berjanji akan langsung mengumumkan kepada masyarakat bila timnya menemukan takjil dan jajanan lainnya yang mengandung bahan berbahaya.

Dan kepada pedagang yang kedapatan menggunakan bahan pewarna dan pengawet tidak layak konsumsi, akan diberikan pembinaan.

“Tapi untuk pedagang yang sudah berulang kali melanggar, akan diberikan sanksi sesuai Undang-undang Keamanan Pangan,” kata dia.

Sama dengan Pemkot Batam, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Kepulauan Riau juga akan memeriksa jajanan pasar demi memastikan tidak mengandung bahan berbahaya konsumsi.

Kepala BPOM Kepri, Yosef Dwi Irawan mengatakan timnya bahkan akan mengintensifkan pemeriksaan kelayakan bahan pangan saat Ramadhan.

“Pemeriksaan itu bagian dari komitmen kami memberikan rasa aman kepada masyarakat,” kata dia. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Umat Islam Harus Menangkan Pilpres dan Pileg

Mengingat betapa pentingnya momentum Pemilu 17 April 2019, maka umat Islam harus benar-benar berjuang dan mempunyai komitmen untuk dapat memenangkan pertarungan politik baik untuk Pilpres maupun Pileg yaitu memilih calon Paslon Presiden/Wapres serta Caleg yang didukung oleh Partai Politik yang memang punya komitmen berjuang dan keberpihakan untuk kepentingan Umat Islam dalam semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER