Dinkes Batam Pastikan Takjil Aman Dikonsumsi

0
22
Takjil (ilustrasi)

BATAM, SERUJI.CO.ID – Dinas Kesehatan Kota Batam Kepulauan Riau akan melakukan pemeriksaan takjil yang dijajakan di pasar-pasar kaget dan Bazar Ramadhan demi memastikan penganan berbuka puasa itu layak dan aman dikonsumsi.

Kepala Dinas Kesehatan, Didi Koesmarjadi di Batam, Jumat (18/5), menyatakan tim terdiri dari petugas kesehatan yang mengecek pasar Ramadhan di wilayah masing-masing, sehingga dipastikan tidak ada tempat yang luput dari pemeriksaan Dinkes.

“Kami menyisir semua tempat penjualan, karena yang turun adalah tim puskesmas, jadi mereka turun di wilayah masing-masing,” kata Didi.

Tiap puskesmas mengerahkan lima orang petugasnya untuk memastikan takjil layak dikonsumsi masyarakat.

Ia menyatakan pengecekan jajanan itu menggunakan perlengkapan yang dimiliki tiap puskesmas. Alat itu untuk melihat, apakah makanan yang dijajakan mengandung 4 bahan berbahaya yaitu boraks, formaldehid, rodhamin B dan methil yellow.

“Itu untuk melihat kandungan pewarna dan pengawet,” kata dia.

Kepala Dinas berjanji akan langsung mengumumkan kepada masyarakat bila timnya menemukan takjil dan jajanan lainnya yang mengandung bahan berbahaya.

Dan kepada pedagang yang kedapatan menggunakan bahan pewarna dan pengawet tidak layak konsumsi, akan diberikan pembinaan.

“Tapi untuk pedagang yang sudah berulang kali melanggar, akan diberikan sanksi sesuai Undang-undang Keamanan Pangan,” kata dia.

Sama dengan Pemkot Batam, Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Kepulauan Riau juga akan memeriksa jajanan pasar demi memastikan tidak mengandung bahan berbahaya konsumsi.

Kepala BPOM Kepri, Yosef Dwi Irawan mengatakan timnya bahkan akan mengintensifkan pemeriksaan kelayakan bahan pangan saat Ramadhan.

“Pemeriksaan itu bagian dari komitmen kami memberikan rasa aman kepada masyarakat,” kata dia. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polda Sulsel Ringkus Sindikat Narkoba Jaringan Internasional

MAKASSAR, SERUJI.CO.ID - Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sulawesi Selatan meringkus tersangka, yang merupakan sindikat peredaran narkoba jaringan internasional, setelah lebih dari dua tahun...
Pemukiman Yahudi di Tepi Barat

Israel Akan Bangun Ribuan Rumah Baru di Tepi Barat

YERUSALEM, SERUJI.CO.ID - Menteri Pertahanan Israel pada Kamis (24/5) mengatakan berencana meminta persetujuan untuk pembangunan sekitar 2.500 rumah baru sebagai permukiman Yahudi di Tepi...
ott, korupsi

KPK Periksa Bupati Buton Selatan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Bupati Buton Selatan Agus Feisal Hidayat bersama enam orang yang diamankan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT) tiba...

Thailand Rebut Angka Pertama Atas Indonesia di Piala Uber

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Tim Thailand merebut angka pertama atas Indonesia pada pertandingan babak perempat final turnamen bulu tangkis beregu putri Piala Uber melalui pemain...

Angka Kurang Gizi di NTB Masih Tinggi

MATARAM, SERUJI.CO.ID - Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat menyebutkan angka kurang gizi di wilayah itu masih tergolong tinggi. "Masih tinggi prevalensi kurang gizi di NTB,...