Dewan Pers: Wartawan Terbelenggu Tekanan Pemilik Media


PADANG, SERUJI.CO.ID – Kebebasan wartawan dalam mengekspresikan profesionalisme pers terkadang menghadapi tekanan justru dari pemilik media yang terafiliasi dengan kepentingan politik.

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo di Padang, Kamis (8/2), mengatakan tantangan kerja profesi kewartawanan dewasa ini semakin kompleks.

“Tidak ada pilihan bagi seorang wartawan untuk mempertahankan eksistensi diri kecuali memiliki profesionalisme yang mumpuni,” kata Yosep pada forum Konvensi Media Nasional serangkaian Hari Pers Nasional (HPN) di Padang 2018.

Selain menghadapi tekanan dari pemilik media yang terafiliasi dengan kepentingan politik, juga profesi kewartawanan dihadapkan dengan percepatan pertumbuhan media.

“Diperkirakan jumlah media cetak, televisi, radio dan daring saat ini sudah menyentuh angka 47 ribu. Pertumbuhan media yang subur berimplikasi pada saling tekan antarmedia,” katanya.

Dewan Pers berharap para pemimpin media agar dalam merekrut wartawan benar-benar menerapkan standar mutu yang baik sehingga dalam menjalankan tugas kewartawanan memenuhi harapan publik untuk mencerdaskan bangsa.

“Intelektual wartawan yang baik menjadi jaminan menghasilkan karya-karya jurnalistik yang mengandung nilai-nilai kejujuran,” kata Yosep. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

Skyline Message

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close