Dengan 1300 peserta, Arak Bako di Kota Solok Pecahkan Rekor Muri

SOLOK, SERUJI.CO.ID – Dalam rangka memperingati HUT kota Solok ke 47, Kamis (14/12) Pemkot Solok menggelar berbagai acara salah satunya adalah arak bako. 1300 peserta arak-arak bako telah berhasil memecahkan rekor muri sebagai pawai terpanjang.

Acara yang mengambil start dari simpang Muhammadiyah dan berakhir di simpang Dempal tersebut dibawah tanggung jawab Dinas Pariwisata bekerjasama dengan lembaga adat dan Budo Kanduang. Hadir dalam acara ini Raja Alam Paguruyuang ( Raja kerajaan Minang Kabau) dan juga istri Menteri Koperasi dan UKM Bintang Puspayoga.

Dalam adat Minang Kabau, Sumatera Barat, bako adalah keluarga dari pihak laki-laki yang melangsungkan pernikahan. Jadi arak bako adalah arak-arakan atau barisan dari pihak laki-laki yang mengikuti rombongan dengan membawa berbagai macam perlengkapan seperti nasi kunyit, sejumlah kain sandang, perhiasan emas, ternak sapi, kerbau dan lain-lain sesuai dengan kemampuan bako.

Arak Bako hanyalah salah satu rangkaian acara dalam rangka memperingati HUT kota Solok, pemkot jiga menggelar berbagai acara lain diantaranya: pawai khatam Alquran yang berlangsung Selasa (12/12), dihari yang sama juga digelar tabligh akbar.

Selain acara keagamaan juga diselenggarakan acara olah raga yang meliputi : lari 10K S3 (Solok Saiyo Sakato), gerak jalan tepat waktu, kejuaraan basket tingkat Sumatera barat, kejuaraan Wushu tingkat Sumatera Barat. Dan masih banyak lagi acara lainnya. Puncak acara HUT direncanakan akan diselenggarakan Sabtu (16/12).

Liputan dan foto : Nori Nofli
(Endang S)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi

Menurut Laode M Syarif, saat ini 68% pelaku korupsi merupakan lulusan perguruan tinggi. Makanya, perguruan tinggi harus bertanggungjawab atas kejahatan korupsi yang dilakukan lulusannya.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Ternyata Menteri Agama Berasal dari Ormas Islam Yang Sama dengan Ustadz Tengku Zulkarnain

Fachrul Razi tercatat sebagai anggota Majelis Amanah Pusat PB Math'laul Anwar sejak 2018 berdasarkan Surat Keputusan nomor A.166/KPTS/PBMA/V/2018 yang ditandatangani Ketua Umum PB MA, Ahmad Sadeli Karim dan Sekjen Oke Setiadi

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi