Cinta Mey Rosa, Berjuang Hidup Dengan Selang di Perutnya

0
242
Cinta Mey Rosa
Cinta Mey Rosa, 8 tahun, terlahir tanpa lubang anus dan kemaluan. (FOTO: SERUJI/Imam Sulaeman)

BATAM – Cinta Mey Rosa, terlahir tanpa dilengkapi alat pembuangan (anus) dan saluran air kencing di organ kewanitaannya. Di usianya yang sudah 8 tahun, gadis kecil ini telah tujuh kali menjalani operasi, tetapi masih harus buang air kecil/pipis melalui selang dari lubang di perutnya.

Operasi yang terakhir adalah operasi batu ginjal di RSCM Jakarta, akibat dari pembuangan air kecil tidak lancar sehingga menimbulkan batu dalam ginjal. Proses pembuangan air kecil bagi Cinta bukanlah hal yang mudah karena keterbatasannya itu.

“Dokter di Jakarta dan Batam sudah memvonis Cinta seumur hidup harus pakai selang untuk jalur pembuangan air kecil,” kata Ahmad Robert yang ditemui di rumahnya di Perumahan Ricci A4 NO 5 Marina, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau, kepada SERUJI, Sabtu (13/5).

Cinta sempat dibawa ke RS di Malaysia, dokter mendeteksi kedua ginjalnya bengkak dan kurang berfungsi sehingga harus segera dioperasi agar tidak jadi komplikasi lainnya.

Kepada SERUJI, kedua orang tua Cinta menceritakan perjalanan operasi anaknya.

Operasi pertama, adalah pembuatan lubang anus melalui tindakan medis colostomy di sebelah kiri perutnya, yang mana usus besar langsung dikeluarkan di perut. Operasi ini dilakukan di Rumah Sakit Otorita Batam (RSOB) Batam dengan bantuan dokter dari Jakarta.

Saat itu usianya masih sebelas bulan. Namun di usianya yang belum menginjak satu tahun, Cinta Mei Rosa, sudah mengalami penderitaan yang jarang dirasakan balita seusianya.

Operasi kedua, saat usia Cinta 1 tahun 2 bulan. Ia harus menjalani operasi pembuatan lubang anus yang dilubangi di dubur. Operasi yang dilakukan di Rumah Sakit Budi Kemuliaan (RSBK) Batam kali ini memakan waktu yang cukup lama.

“Setelah selesai operasi, kami harus menusuk lubang anus tersebut pakai besi khusus lubang anus agar lubangnya tidak tertutup. Namun BAB-nya masih di perut karena menunggu lubang anus yang baru dilubangi bisa dipergunakan untuk bisa BAB,” ujar Ahmad Roberd.

Operasi ketiga, saat usia Cinta 1 tahun 4 bulan. Ia kemudian menjalani operasi pemisahan antara lubang kencing dan lubang BAB di perut, karena menurut dokter jika tidak dipisahkan akan jadi racun dalam perutnya. Oleh tim dokter RSBK dibuatkan saluran pembuangan air kencing di bawah pusarnya.

“Jadi lubang yang di atas pusar (di perut, red) sementara untuk pembuangan kotoran, yang di bawah pusar untuk saluran kencing,” ujarnya.

Operasi keempat, saat usia Cinta 2 tahun. Ia menjalaninya di RSBK Batam untuk penutupan BAB yang di perut dan menyambungkan saluran BAB ke lubang anus buatan.

“Jadi, sampai usia 2 tahun, Cinta harus buang air besar (BAB) di perut. Setelah operasi keempat, sudah dipindahkan ke lubang anus buatan,” papar Ahmad.

Operasi kelima, masih di RSBK Batam, usia Cinta saat itu 2 tahun 6 bulan. Ia menjalani operasi untuk pembuatan lubang kencing pada daerah kemaluannya, akan tetapi operasi kali ini gagal.

Operasi keenam, ia jalani setahun kemudian. Operasi yang dijalaninya adalah pembuatan lubang kencing di perut menggunakan selang kateter. Di perutnya dilubangi langsung dimasukkan selang kateter yang terhubungkan langsung ke kandung kemih di dalam perut cinta.

“Sampai sekarang masih kencing lewat selang kateter di perut karena lubang kencing di bawah tidak ada,” jelas Ahmad.

Operasi ketujuh, kali ini dilakukan di RSCM Jakarta, saat usianya menginjak 4 tahun. Ia harus menjalani operasi batu ginjal, akibat pembuangan air kecilnya tidak lancar sehingga menimbulkan batu dalam ginjalnya.

“Ini termasuk operasi besar, sehingga dokter di Batam merujuknya ke RSCM Jakarta,” ujar Ahmad.

Pasca operasi, kondisinya belum begitu membaik. Orangtuanya membawanya ke RS di Malaysia. Di sana terdeteksi kedua ginjalnya bengkak dan berfungsi kurang sempurna, sehingga harus segera dilakukan tindakan operasi agar tidak jadi komplikasi lainnya.

“Namun, biaya operasinya membutuhkan dana yang sangat besar yaitu sekitar RM 60 ribu (Rp 180 Juta, red),” tutur ibunya Cinta, Sariah.

Akibat besarnya dana yang dibutuhkan sampai saat ini operasi yang diharapkan dapat membantu kesembuhan Cinta belum dapat dilakukan.

Kedua orang tua Cinta berharap ada uluran tangan dari berbagai pihak untuk membantu meringankan biaya operasi untuk kesembuhan buah hati mereka.

 

CJ: Imam Sulaeman
EDITOR: Iwan Y

Komentar

BACA JUGA

Serang Markas Tentara Afghanistan, Gerilyawan Taliban Tewaskan 18 Orang

LASHKAR GAH, SERUJI.CO.ID - Serangkaian serangan petempuran di Afghanistan menewaskan lebih dari 20 orang, kata pejabat pada Selasa (20/2). Serangan tersebut terjadi menjelang penyelenggaraan pertemuan...
madura united

Fabiano Terpeleset Sebabkan Madura United Kalah dari Persebaya

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Fabiano Beltrame terpeleset saat melakukan eksekusi penalti dan bola tendangannya melayang di atas mistar Persebaya, sehingga Madura United menelan kekalahan pada...
madura united

Kalah dari Persebaya, Mario Gomes Lakukan Evaluasi Tim Madura United

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Pelatih Madura United FC Mario Gomes De Oliviera menyatakan, dirinya perlu melakukan evaluasi terhadap tim secara menyeluruh setelah dikalahkan Persebaya Surabaya...

Menang Atas Benevento, Inter Milan Peluang Lolos Fase Grup Liga Champions

MILAN, SERUJI.CO.ID - Gol-gol di babak kedua dari dua bek tengah Milan Skriniar dan Andrea Ranocchia membawa Inter Milan menang 2-0 atas tamunya yang...

Menang Telak, Suarez Cetak Tiga Gol di Gawang Girona

BARCELONA, SERUJI.CO.ID - Para penyerang Barcelona Lionel Messi, Philippe Coutinho, dan Luis Suarez bekerja sama dengan apik dan menang 6-1 atas Girona pada Sabtu...
loading...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...
IMG_20180224_110625_530

Mencari Logika di Balik Kasus Tuduhan ke Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab (RHS) juga ditetapkan sebagai tersangka, setelah sebelumnya FH dijerat pasal pornografi dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. RHS bahkan...