Bulog Riau Siapkan Ribuan Paket Sembako

0
28
operasi pasar
Bulog secara rutin mengadakan Operasi Pasar Murah untuk menstabilkan harga bahan pokok di pasar-pasar. (foto:Istimewa)

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID – Badan Urusan Logistik Divisi Regional Riau-Kepri menyiapkan ribuan paket untuk mendorong penjualan sembako dalam pelaksanaan bazar pasar murah menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 1439 Hijriyah.

“Kami siapkan paket untuk memasok kebutuhan lewat Rumah Pangan Kita berapa pun yang dibutuhkan,” kata Bidang Komersil Bulog Divre Riau-Kepri Hendra Gunafi di Pekanbaru, Sabtu (12/5).

Hendra Gunafi menyebutkan pihaknya sengaja membuat paket dalam berbagai harga guna memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pangan sesuai kemampuan dan kebutuhan.

Bulog memang membuat inovasi untuk mendorong suksesnya program stabilisasi harga menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.

“Paket ini terdiri dari beberapa sembako dengan komposisi dan harga yang bervariasi,” tuturnya.

Dikatakan juga, Pemerintah Provinsi Riau telah mengeluarkan himbauan untuk menggelar bazaar dan pasar murah kepada seluruh institusi, Organisasi Perangkat Daerah, BUMN dan BUMD setempat untuk menjaga kestabilan stok, permintaan pasar sehingga harga terjaga dibulan Ramadhan.

Menurutnya penyelenggaraan bazar dan pasar murah diperkantoran merupakan tanggungjawab dalam pengendalian harga. Dengan adanya pilihan diluar pasar maka permintaan dipasar akan berkurang, secara psikologis tentu akan mempengaruhi mekanisme harga.

Ia menambahkan sejauh ini harga pangan yang dipasarkan Bulog jauh lebih murah dari pasar. Misalkan beras Operasi Pasar kemasan 5 kg hanya Rp9.450/kg, daging beku Rp80.000/Kg, gula manis kita kemasan 1 kg Rp12.500/kg, minyak goreng kita kemasan 1 liter Rp12.500/ltr dan terigu kita kemasan 1 kg dihargai Rp8.500/kg.

“Sementara untuk jenis paket Bulog Riau ada dua jenis A dan B.

Paket RPK yang dijual Bulog paling rendah (paket B) diharga Rp55.500/paket untuk isi beras dan terigu. Hingga tertinggi (paket A) dengan harga Rp125.000/paket berisikan daging 1kg, gula 2 kg, minyak goreng 2 ltr.

Sementara itu salah satu pengelola RPK Sukati mengakui dengan adanya sistem paket dalam pendistribusian pangan ini sangat membantu memudahkan penjualan. Masyarakat lebih berminat karena murah bisa sekaligus membeli kebutuhan sesuai keperluan.

Bahkan beberapa RPK memberikan pelayanan tambahan antar ke tempat bagi yang berbelanja banyak.

“Paket ini lebih diminati menjelang Ramadhan, ” tambahnya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...