BPJS Kesehatan Bantah Kartu Lama Tidak berlaku

0
87
BPJS Kesehatan
Kantor BPJS Kesehatan (ilustrasi)

PADANG, SERUJI.CO.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membantah informasi yang beredar di masyarakat bahwa kartu lama tidak berlaku lagi sejak 1 Oktober 2017 sehingga peserta harus segera menukarkan dengan kartu yang baru.

“Ada informasi beredar di masyarakat kartu lama tidak berlaku lagi sejak 1 Oktober 2017, padahal itu hoax karena kami tidak pernah mengeluarkan pemberitahuan tersebut,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Padang, Ade Chandra di Padang, Rabu (18/10).

Akibat informasi yang beredar tersebut kantor BPJS Cabang Padang selalu ramai dipenuhi masyarakat yang hendak menukar kartunya.

“Biasanya ramai cuma pada hari tertentu seperti Senin sekarang sepanjang hari padat sekali bahkan sampai sore,” ujar dia.

Kartu lama yaitu askes yang berwarna kuning, kartu JKN dengan laminasi putih barcode dan kartu JKN E-ID tetap dapat digunakan sebagaimana biasa.

“Kartu itu masih berlaku dan belum perlu diganti dengan syarat peserta masih aktif,” katanya.

Bagi masyarakat yang hendak menukar kartu bisa secara alamiah saja misalnya hendak menambah jumlah anggota keluarga yang jadi peserta atau memperbarui data.

“Jadi tidak perlu sengaja datang hanya khusus menukar kartu saja,” katanya.

Ia menyarankan kalau ada yang ingin mengganti kartu dapat dilakukan secara kolektif seperti aparatur sipil negara melalui organisasi perangkat daerah, badan usaha melalui bagian sumber daya manusia masing-masing dan penerima pensiun lewat organisasi.

Memang salah satu alasan penggantian kartu karena ingin seragam dan merasa khawatir tidak dapat digunakan, ujarnya.

Sementara salah seorang warga, Padang Melati mengaku mendapatkan informasi di media sosial pemberitahuan kartu lama tidak berlaku lagi sehingga harus ditukar.

“Karena khawatir akhirnya saya tukarkan,” katanya.

Informasi yang diterima menyatakan bagi siapa saja yang memiliki kartu Askes agar ditukar dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) warna putih karena mulai Oktober 2017 kartu lama tidak berlaku lagi. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Masih Belum Temukan 12 Surat Tanah, PLN Area Dumai Akan Urus Surat Pengganti

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Setelah berusaha mencari dan dua kali berturut-turut PT PLN (Persero) Area Dumai mengumumkan kehilangan sejumlah Sertifikat dan Surat Tanah lewat media,...
Mobil Perpus

Mobil Prestasi Muamalat Menarik Minat Baca Anak

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Dalam upaya menumbuhkan kembali minat baca dikalangan pelajar, PKPU Human Initiative bekerjasama dengan Mobil Prestasi Muamalat memberikan fasilitas Mobil perpustakaan keliling,...

Setelah Bertemu Puan Diam-Diam dan Kunjungi Ketum PAN, Hari ini Prabowo Gerilya ke SBY

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto terus melakukan gerilya politik sepajang sore hingga malam kemarin, Selasa (17/7). Prabowo yang sudah dipastikan maju...
Prabowo dengan kucing

Viral Foto Prabowo dengan Kucing, Warganet: Ke Hewan Saja Sayang, Apalagi ke Rakyatnya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Foto Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang memberi makan seekor kucing saat sedang menyantap hidangan bersama koleganya, viral di media...

Gubernur Ganjar Pranowo Melepas Calon Haji Jateng-DIY Hari Ini

BOYOLALI, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 34.112 jemaah calon haji asal Jawa Tengah dan DIY diberangkatkan ke tanah suci hari ini, Selasa (17/7). Upacara pelepasan yang...