BPJS Kesehatan Bantah Kartu Lama Tidak berlaku

0
39
BPJS Kesehatan
Kantor BPJS Kesehatan (ilustrasi)

PADANG, SERUJI.CO.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membantah informasi yang beredar di masyarakat bahwa kartu lama tidak berlaku lagi sejak 1 Oktober 2017 sehingga peserta harus segera menukarkan dengan kartu yang baru.

“Ada informasi beredar di masyarakat kartu lama tidak berlaku lagi sejak 1 Oktober 2017, padahal itu hoax karena kami tidak pernah mengeluarkan pemberitahuan tersebut,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Padang, Ade Chandra di Padang, Rabu (18/10).

Akibat informasi yang beredar tersebut kantor BPJS Cabang Padang selalu ramai dipenuhi masyarakat yang hendak menukar kartunya.

“Biasanya ramai cuma pada hari tertentu seperti Senin sekarang sepanjang hari padat sekali bahkan sampai sore,” ujar dia.

Kartu lama yaitu askes yang berwarna kuning, kartu JKN dengan laminasi putih barcode dan kartu JKN E-ID tetap dapat digunakan sebagaimana biasa.

“Kartu itu masih berlaku dan belum perlu diganti dengan syarat peserta masih aktif,” katanya.

Bagi masyarakat yang hendak menukar kartu bisa secara alamiah saja misalnya hendak menambah jumlah anggota keluarga yang jadi peserta atau memperbarui data.

“Jadi tidak perlu sengaja datang hanya khusus menukar kartu saja,” katanya.

Ia menyarankan kalau ada yang ingin mengganti kartu dapat dilakukan secara kolektif seperti aparatur sipil negara melalui organisasi perangkat daerah, badan usaha melalui bagian sumber daya manusia masing-masing dan penerima pensiun lewat organisasi.

Memang salah satu alasan penggantian kartu karena ingin seragam dan merasa khawatir tidak dapat digunakan, ujarnya.

Sementara salah seorang warga, Padang Melati mengaku mendapatkan informasi di media sosial pemberitahuan kartu lama tidak berlaku lagi sehingga harus ditukar.

“Karena khawatir akhirnya saya tukarkan,” katanya.

Informasi yang diterima menyatakan bagi siapa saja yang memiliki kartu Askes agar ditukar dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) warna putih karena mulai Oktober 2017 kartu lama tidak berlaku lagi. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

HIV positif

Belasan Ibu Hamil di Kaltara Positif HIV

NUNUKAN, SERUJI.CO.ID - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Utara menemukan belasan ibu hamil positif mengidap penyakit HIV/AIDS pada 2017. "Ada 12 ibu hamil di Kaltara ini positif...

Kapolda Papua Serahkan Bantuan Kemanusiaan Untuk Asmat

ASMAT, SERUJI.CO.ID - Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk anak-anak dan sanak keluarganya yang menderita penyakit campak dan gizi buruk di...

TNI Kerahkan Dua Helikopter Kirim Obat ke Asmat

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Markas Besar TNI mengerahkan dua unit helikopter untuk mengirim obat-obatan guna membantu menangani wabah penyakit campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat,...
loading...

Jiwa Gotong Royong yang Masih Tumbuh Subur

Tempo hari saya tercengang dengan megahnya sebuah masjid di desa Raji,  Demak, Jawa Tengah. Rupanya masjid yang belum selesai di bangun itu sudah menelan...

kebebasan berpikir

Kebebasan dalam Berpikir Hakikat bebas adalah merdeka dari segala hal yang mengikat. Berbicara tentang bebas, kita dapat belajar dari pengalaman komika kenamaan yaitu Ge Pamungkas...
_99517609_gepamungkas_joshuasuherman

Indonesia Darurat Keadilan

Indonesia Darurat Keadilan Salah satu penyebab gagalnya beberapa negara di Afrika di antaranya dalam masalah ketimpangan keadilan, sebut saja di Ethiopia, Zimbabwe dan negara-negara yang...