BPJS Kesehatan Bantah Kartu Lama Tidak berlaku

0
34
BPJS Kesehatan
Kantor BPJS Kesehatan (ilustrasi)

PADANG, SERUJI.CO.ID – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membantah informasi yang beredar di masyarakat bahwa kartu lama tidak berlaku lagi sejak 1 Oktober 2017 sehingga peserta harus segera menukarkan dengan kartu yang baru.

“Ada informasi beredar di masyarakat kartu lama tidak berlaku lagi sejak 1 Oktober 2017, padahal itu hoax karena kami tidak pernah mengeluarkan pemberitahuan tersebut,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Padang, Ade Chandra di Padang, Rabu (18/10).

Akibat informasi yang beredar tersebut kantor BPJS Cabang Padang selalu ramai dipenuhi masyarakat yang hendak menukar kartunya.

“Biasanya ramai cuma pada hari tertentu seperti Senin sekarang sepanjang hari padat sekali bahkan sampai sore,” ujar dia.

Kartu lama yaitu askes yang berwarna kuning, kartu JKN dengan laminasi putih barcode dan kartu JKN E-ID tetap dapat digunakan sebagaimana biasa.

“Kartu itu masih berlaku dan belum perlu diganti dengan syarat peserta masih aktif,” katanya.

Bagi masyarakat yang hendak menukar kartu bisa secara alamiah saja misalnya hendak menambah jumlah anggota keluarga yang jadi peserta atau memperbarui data.

“Jadi tidak perlu sengaja datang hanya khusus menukar kartu saja,” katanya.

Ia menyarankan kalau ada yang ingin mengganti kartu dapat dilakukan secara kolektif seperti aparatur sipil negara melalui organisasi perangkat daerah, badan usaha melalui bagian sumber daya manusia masing-masing dan penerima pensiun lewat organisasi.

Memang salah satu alasan penggantian kartu karena ingin seragam dan merasa khawatir tidak dapat digunakan, ujarnya.

Sementara salah seorang warga, Padang Melati mengaku mendapatkan informasi di media sosial pemberitahuan kartu lama tidak berlaku lagi sehingga harus ditukar.

“Karena khawatir akhirnya saya tukarkan,” katanya.

Informasi yang diterima menyatakan bagi siapa saja yang memiliki kartu Askes agar ditukar dengan Kartu Indonesia Sehat (KIS) warna putih karena mulai Oktober 2017 kartu lama tidak berlaku lagi. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

KNPI NTT Minta Novanto Kooperatif Hadapai Proses Hukum

KUPANG, SERUJI.CO.ID - Kasus Korupsi KTP-el yang menimpa Ketua DPR RI yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto, jadi perhatian Dewan Pimpinan Daerah (DPD)...
Pembagian kartu e-tol

Dibuka Awal 2018, Tol Soker Hanya Layani Transaksi Non Tunai

SOLO, SERUJI.CO.ID - Tol Solo-Kertosono (Soker) mulai dioperasikan pada Januari 2018. Sistem pembayaran tol sepenuhnya akan dilakukan secara nontunai atau menggunakan kartu e-toll. Pembayaran dengan...
Operasi Zebra Turangga 2017

Pelanggaran Operasi Zebra Didominasi Pelajar dan Mahasiswa

KUPANG, SERUJI.CO.ID - Sampai hari terakhir Operasi Zebra Turangga 2017 di kota Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) tercatat pelanggaran lalu lintas didominasi oleh pelajar dan mahasiswa. “Ini...

KANAL WARGA TERBARU

1

Suami yang Bertanggungjawab

Suami yang Bertanggungjawab Sore itu, saya sedang nemeni anak bermain sambil baca-baca SERUJI . Terdengar suara motor memasuki halaman rumah, sesaat kemudian  seorang bapak-bapak  bicara...
20171119_103818

Empat Cara Mengenali Seseorang dari Akun Sosial Media Miliknya

1. Cara penulisan kata2 2. Cara berkomunikasi dengan orang lain (bahasa) 3. Perilaku bersosmed. Apa aja yg diupload. Membaca eksistensi dan pengakuan yg diharapkan dan diperoleh. 4....
Posyandu

Masuk 10 Besar Kabupaten, Posyandu Dewi Asih Jalani Penilaian Lomba

KLATEN, SERUJI.CO.ID - Posyandu Dewi Asih, Desa Dukuh, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten, pada Rabu (25/10), menjalani penilaian lomba Posyandu tingkat Kabupaten. Tim penilai bukan hanya...