BPBD Sumsel Tambah Dua Helikopter Antipasi Karhutla

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID – Dua tambahan helikopter untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan Sumatera Selatan sudah tiba di Kota Palembang yang saat ini masih dalam perakitan.

Kepala BPBD Sumsel Iriansyah di Palembang, Sabtu (2/6) mengatakan pihaknya mengusulkan tambahan 10 helipoter untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan di daerah itu dan empat unit sudah ada, namun dua di antaranya sedang dalam perakitan.

“Saat ini sudah tiba di Palembang sebanyak empat unit helikopter, dua sudah melakukan patroli udara dan dua lainnya masih dalam perakitan,” ujar dia.

Menurut dia, dua helipokter yang masing-masing berkapasitas 600 liter air dan 500 liter itu akan difungsikan untuk memadamkan titik api bila timbul melalui bom air atau pemadaman lewat udara, ujar dia.

Selain itu helikopter tersebut difungsikan untuk patroli, terutama di daerah rawan kebakaran hutan dan lahan, kata dia.

“Helikopter tersebut selain untuk patroli juga akan difungsikan untuk memadamkan titik api melalui bom air,”katanya.

Dia mengatakan, memang untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan serta kebun menjelang Asian Games pihaknya membutuhkan 10 helikopter yang diharapkan eman lainnya segera tiba.

Heli itu penting mengingat areal hutan dan kebun di Sumsel cukup luas sehingga perlu dipantau melalui udara, kata dia.

Selain itu juga Sumsel banyak terdapat lahan gambut yang sulit dijangkau bila terjadi titik api sehingga patroli udara dan penyiramanan air melalui udara sangat dibutuhkan.

Apalagi Gubernur Sumsel Alex Noerdin memerintahkan agar menjelang dan saat Asian Games Agustus 2018 daerah itu tidak boleh terjadi kebakaran hutan dan lahan yang dapat menimbulkan kabut asap sehingga itu harus dicegah, kata dia.

Sehubungan itu pihaknya telah memaksimalkan diri dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan tersebut supaya Sumsel bebas dari kabut asap, tambah dia. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER