BPBA Pastikan Kebakaran Lahan di Aceh Mencapai 111,4 Hektare

MEULABOH, SERUJI.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) memastikan luas lahan yang terbakar akibat musim kemarau yang melanda sepuluh kabupaten yang tersebar di Provinsi Aceh sudah mencapai 111,4 hektare.

“Kebakaran lahan seluas kurang lebih 111,4 Hektare di Aceh, 90 persen diantaranya dapat dipadamkan,” kata Kepala BPBA Teuku Ahmad Dadek di Meulaboh, Selasa (9/7).

Ada pun 10 kabupaten yang terjadi kebakaran lahan ini diantaranya, Kabupaten Nagan Raya meliputi empat kecamatan yaitu di Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Desa Kuala Tripa, Kecamatan Tripa Makmur, Desa Cot Mue, Kecamatan Tadu Raya serta Desa Lamie, Kecamatan Darul Makmur dengan luas lahan yang terbakar mencapai 32,5 hektare.

Sedangkan di Kabupaten Aceh Barat, lokasi kebakaran terjadi di empat kecamatan seperti di Desa Seuneubok Kecamatan Johan Pahlawan, Desa Suak Panteu Breuh Kecamatan Samatiga, Desa Napai Kecamatan Woyla Barat serta Desa Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo dengan luas lahan sekitar 45 hektare.

Di Kabupaten Aceh Besar kebakaran juga melanda lima kecamatan seperti di Desa Jantang Kecamatan Lhoong, Desa Ujong Batee Kecamatan Masjid Raya, Desa Cot Kareung Kecamatan Lembah Seulawah, Desa Beuradeun Kecamatan Peukan Bada, Desa Pulot Kecamatan Leupung dengan luas lahan yang terbakar sekitar 19 hektare.

Untuk Kabupaten Aceh Jaya, kata Teuku Ahmad Dadek, luas lahan yang terbakar sekitar 2 hektare yang tersebar di beberapa titik seperti di Kecamatan Pangan, Setia Bakti, Masjid Raya dan Kecamatan Teunom.

Sedangkan kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Bener Meriah di Desa Sumber Daya, Kecamatan Timang Gajah luas lahan yang terbakar sekitar 1/4 hektare, di Kabupaten Aceh Barat Daya lahan yang terbakar mencapai 3 hektare di Kecamatan Babah Rot.

Di Kabupaten Aceh Selatan, kebakaran lahan juga melanda 3,5 hektare lahan di Kecamatan Bakongan. Kemudian di Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Gayo Lues api juga membakar lahan masing-masing seluas satu hektare. Sedangkan di Kabupaten Aceh Singkil, kebakaran lahan juga terjadi di Desa Gunung Lagan, Kecamatan Gunung Meriah dengan luas lahan yang terbakar mencapai 4 hektare.

“Selain upaya pemadaman api, kami juga melakukan pembagian masker kepada masyarakat, termasuk memasang spanduk di 100 titik di Aceh dengan harapan warga tidak melakukan pembakaran lahan,” katanya menambahkan.

Saat ini proses pemadaman api di beberapa titik kebakaran di Aceh masih terus dilakukan dan sebagian besar lokasi kebakaran lahan juga sudah mampu dipadamkan petugas di masing-masing daerah, tutur Teuku Ahmad Dadek.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER