BPBA Pastikan Kebakaran Lahan di Aceh Mencapai 111,4 Hektare

MEULABOH, SERUJI.CO.ID – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) memastikan luas lahan yang terbakar akibat musim kemarau yang melanda sepuluh kabupaten yang tersebar di Provinsi Aceh sudah mencapai 111,4 hektare.

“Kebakaran lahan seluas kurang lebih 111,4 Hektare di Aceh, 90 persen diantaranya dapat dipadamkan,” kata Kepala BPBA Teuku Ahmad Dadek di Meulaboh, Selasa (9/7).

Ada pun 10 kabupaten yang terjadi kebakaran lahan ini diantaranya, Kabupaten Nagan Raya meliputi empat kecamatan yaitu di Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Desa Kuala Tripa, Kecamatan Tripa Makmur, Desa Cot Mue, Kecamatan Tadu Raya serta Desa Lamie, Kecamatan Darul Makmur dengan luas lahan yang terbakar mencapai 32,5 hektare.

Sedangkan di Kabupaten Aceh Barat, lokasi kebakaran terjadi di empat kecamatan seperti di Desa Seuneubok Kecamatan Johan Pahlawan, Desa Suak Panteu Breuh Kecamatan Samatiga, Desa Napai Kecamatan Woyla Barat serta Desa Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo dengan luas lahan sekitar 45 hektare.

Di Kabupaten Aceh Besar kebakaran juga melanda lima kecamatan seperti di Desa Jantang Kecamatan Lhoong, Desa Ujong Batee Kecamatan Masjid Raya, Desa Cot Kareung Kecamatan Lembah Seulawah, Desa Beuradeun Kecamatan Peukan Bada, Desa Pulot Kecamatan Leupung dengan luas lahan yang terbakar sekitar 19 hektare.

Untuk Kabupaten Aceh Jaya, kata Teuku Ahmad Dadek, luas lahan yang terbakar sekitar 2 hektare yang tersebar di beberapa titik seperti di Kecamatan Pangan, Setia Bakti, Masjid Raya dan Kecamatan Teunom.

Sedangkan kebakaran lahan yang terjadi di Kabupaten Bener Meriah di Desa Sumber Daya, Kecamatan Timang Gajah luas lahan yang terbakar sekitar 1/4 hektare, di Kabupaten Aceh Barat Daya lahan yang terbakar mencapai 3 hektare di Kecamatan Babah Rot.

Di Kabupaten Aceh Selatan, kebakaran lahan juga melanda 3,5 hektare lahan di Kecamatan Bakongan. Kemudian di Kabupaten Aceh Tengah dan Kabupaten Gayo Lues api juga membakar lahan masing-masing seluas satu hektare. Sedangkan di Kabupaten Aceh Singkil, kebakaran lahan juga terjadi di Desa Gunung Lagan, Kecamatan Gunung Meriah dengan luas lahan yang terbakar mencapai 4 hektare.

“Selain upaya pemadaman api, kami juga melakukan pembagian masker kepada masyarakat, termasuk memasang spanduk di 100 titik di Aceh dengan harapan warga tidak melakukan pembakaran lahan,” katanya menambahkan.

Saat ini proses pemadaman api di beberapa titik kebakaran di Aceh masih terus dilakukan dan sebagian besar lokasi kebakaran lahan juga sudah mampu dipadamkan petugas di masing-masing daerah, tutur Teuku Ahmad Dadek.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Bukan Hoaks, Paket Internet 10GB Hanya Rp10 dari Telkomsel Untuk Pelajar

PT Telkomsel kembali meluncurkan paket data internet sangat murah untuk pelajar Indonesia yang sedang memjalani proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Paket internet yang diberi nama Kuota Belajar 10GB, bisa didapatkan hanya seharga Rp10 (sepuluh rupiah).

TERPOPULER