BNNK Pasaman Barat Usulkan Perda Tes Urine Bagi Pelajar

SIMPANG EMPAT, SERUJI.CO.ID – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) segera mengusulkan ke pemerintah dan DPRD setempat untuk membuat peraturan daerah mengenai calon siswa SMP dan SMA untuk tes urine antisipasi peredaran narkoba.

“Benar, kita akan koordinasi dengan Pemkab dan DPRD bagaimana untuk menyusun Perda ini. Secara bertahap akan kita koordinasikan meskipun BNNK baru satu minggu ini terbentuk,” kata Kepala BNNK Pasaman Barat, Irwan Effendry di Simpang Empat, Rabu (21/3).

Ia menjelaskan di dalam Perda itu nantinya akan mengatur tentang pelaksanaan penerimaan calon siswa baru ditingkat SMP dan SMA dengan menambahkan tes urine dalam seleksi administrasi nantinya.

“Itu bertujuan agar BNNK bisa melakukan pendataan secara akurat mengenai penyebaran dan pengguna narkoba di Pasaman Barat khususnya dikalangan pelajar,” ujarnya.

Sebab, menurutnya saat ini penyebaran narkoba sudah mengarah kepada kalangan pelajar. Sehingga, penyelamatan generasi muda ini perlu dilakukan.

Selain kepada anak sekolah BNNK juga berencana juga memasukkan tes urine sebagai syarat administrasi bagi calon nikah di Kantor Urusan Agama.

“Mudah-mudaham niat baik ini dapat terlaksana nantinya sehingga generasi penerus bangsa ini bebas dari pengaruh narkoba,” harapnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar melaporkan jika mengetahui ada keluarga atau saudara yang terlibat menyalahgunakan narkoba agar bisa diberikan rehabilitasi dan pengobatan.

“Sosialisasi akan terus kita berikan secara bertahap. Koordinasi akan ditingkatkan dengan semua elemen masyarakat sehingga peredaran narkoba dapat ditekan,” katanya.

Ia menambahkan Pasaman Barat saat ini tidak saja dijadikan sebagai perlintasan narkoba lagi tetapi dijadikan tempat sasaran penyebaran.

“Mudah-mudahan dengan kerja sama yang baik dengan semua lapisan masyarakat maka peredaran narkoba dapat dimimimalisir,” lanjutnya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tragedi Lion JT-610: Urgensi Audit Maskapai Airline untuk Keselamatan Penerbangan

"Secara juridis bila terjadi suatu kecelakaan (accident) pesawat udara dalam kegiatan penerbangan maka Pemerintah juga dapat ditarik menjadi pihak yang harus bertanggungjawab sebagai suatu perbuatan kelalaian dalam melaksanakan kewajiban hukum" -Prof Dr Hasim Purba, SH.MHum

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER