BMKG: Waspadai Pasang Air Laut di Babel

PANGKALPINANG, SERUJI.CO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang mengimbau masyarakat agar mewaspadai pasang air laut lebih dari dua meter di beberapa pesisir Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Senin (26/3).

“Pasang air laut mencapai dua meter atau lebih harus diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan,” ujar prakirawan dari kantor Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Slamet Supriyadi, Ahad (25/3).

Pasang air laut maksimum mencapai dua meter atau lebih berpeluang terjadi di Membalong Kabupaten Belitung yang dapat mencapai sekitar 2,49 meter, di Sungailiat Kabupaten Bangka 2,42 meter, dan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan sekitar 2,20 meter.

Sementara itu, pasang air laut maksimum di bawah dua meter dapat terjadi di pesisir pantai Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur sekitar 1,99 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,73 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,68 meter, dan di Belinyu Kabupaten Bangka sekitar 1,65 meter.

“Oleh karena itu kami mengimbau warga dan wisatawan agar mewaspadai ketinggian pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas,” kata Slamet.

Pada kesempatan itu, BMKG Kota Pangkalpinang juga mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang maksimum dengan ketinggian 2,0 sampai 3,0 meter yang dapat terjadi di wilayah Utara Bangka, Selatan Bangka, dan Selat Karimata.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka dan Selat Gelasa diprakirakan antara 0,25 sampai 0,75 meter, di Utara Bangka antara 0,5 sampai 1,0 meter, sedangkan di Selatan Bangka dan Selat Karimata mencapai sekitar antara 0,75 sampai 1,5 meter.

“Dengan asumsi ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka ketinggian gelombang di Utara Bangka, Selatan Bangka, dan Selat Karimata dapat mencapai 2,0 hingga 3,0 meter,” ujar Slamet Supriyadi.

BMKG juga mengimbau agar mewaspadai adanya potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Sementara itu, kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar antara 7 hingga 37 kilometer per jam yang bergerak dari Barat ke Utara dan dari Barat Daya ke Barat Laut.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Senin diprakirakan cerah berawan, berawan, dan berawan tebal dengan peluang terjadi hujan lokal dan hujan ringan serta hujan sedang hingga lebat disertai petir di seluruh wilayah terutama pada pagi, siang, dan sore hari.

Hujan lokal dan hujan ringan berpeluang terjadi hampir di seluruh wilayah Kepulauan Bangka Belitung pada pagi sampai siang, malam, dan dini hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 20 kilometer per jam dengan suhu 23 sampai 31 derajat Celcius dan kelembaban udara 65 hingga 100 persen. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER