BMKG: Waspada Gelombang Enam Meter di Selatan Bangka

PANGKALPINANG, SERUJI.CO.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BNKG) Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, mengeluarkan peringatan dini terkait potensi gelombang laut mencapai enam meter yang dapat terjadi di perairan selatan Bangka pada Ahad (30/12).

“Gelombang maksimum setinggi itu harus diwaspadai karena dapat membahayakan keselamatan,” ujar prakirawan pada Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Pangkalpinang Fauzia Rizki di Pangkalpinang.

Selain di selatan Bangka, BMKG juga mengimbau agar masyarakat atau nelayan juga mewaspadai gelombang maksimum yang dapat mencapai 4,0 meter di perairan Selat Gelasa, utara Bangka, dan Selat Karimata.

Ketinggian gelombang signifikan di jalur penyeberangan Selat Bangka diprakirakan antara 0,25 sampai 1,0 meter, di Selat Gelasa, utara Bangka, dan Selat Karimata 0,5 sampai 2,0 meter, sedangkan di selatan Bangka dapat mencapai 0,5 sampai 3,0 meter.

“Dengan asumsi ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan, maka ketinggian gelombang di Selat Gelasa, utara Bangka, Selat Karimata, dan selatan Bangka dapat mencapai 4,0 hingga 6,0 meter,” terangnya.

BMKG juga mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi awan petir (awan Cumulonimbus) yang menyebabkan tinggi gelombang bertambah.

Kecepatan angin di jalur-jalur penyeberangan Kepulauan Bangka Belitung berkisar 7 hingga 46 kilometer per jam yang bergerak dari barat ke utara, dari barat daya ke barat laut, dan dari barat ke barat laut.

BMKG juga mengimbau warga agar mewaspadai ketinggian pasang air laut di beberapa pesisir pantai yang masih mencapai dua meter atau lebih.

Ketinggian pasang air laut di pesisir Pantai Sungailiat, Kabupaten Bangka diprakirakan dapat mencapai 2,07 meter dan di Membalong, Kabupaten Belitung, sekitar 2,05 meter.

Kemudian di pesisir Pantai Toboali (Kabupaten Bangka Selatan) sekitar 1,60 meter, di Kelapa Kampit (Kabupaten Belitung Timur) 1,39 meter, di Belinyu (Kabupaten Bangka) 1,26 meter, di Tanjungpandan (Kabupaten Belitung) 1,23 meter, dan di Muntok (Kabupaten Bangka Barat) sekitar 0,95 meter.

“Oleh karena itu kami mengimbau warga ataupun wisatawan agar mewaspadai pasang air laut dengan tidak beraktivitas di pesisir pantai yang terhubung langsung dengan laut lepas,” ujar Fauzia Rizki.

Cuaca di daratan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang Ahad (30/12) diprakirakan cerah berawan, berawan dan berawan tebal dengan peluang terjadi hujan lokal serta hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah, terutama pada dini hari.

Hujan lokal berpeluang terjadi hampir di sebagian besar wilayah Kepulauan Bangka Belitung, terutama pada pagi sampai siang, malam dan dini hari.

Sedangkan hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpeluang terjadi di wilayah Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Bangka Tengah, dan Kabupaten Bangka Selatan, terutama pada dini hari.

Kecepatan angin di daratan diprakirakan 20 sampai 30 kilometer per jam dengan suhu 22 sampai 32 derajat Celcius dan kelembaban udara 60 hingga 100 persen. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER