BMKG: Satelit Deteksi Lima Titik Panas di Aceh

BANDA ACEH, SERUJI.CO.ID – Sensor modis yang terpasang pada kedua satelit, yakni Terra dan Aqua mendeteksi lima titik panas berada di wilayah Provinsi Aceh.

“Pagi ini, kembali terpantau lima titik panas di Aceh,” ujar Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh, Zakaria Ahmad, di Aceh Besar, Rabu (11/4).

Kelima titik panas itu, lanjutnya, kembali terdeteksi satelit. Setelah sebelumnya Selasa, (10/4), juga terpantau berada di lokasi yang sama, yakni dua kabupaten di Aceh.

Sebanyak empat titik panas di antaranya terkonsentrasi di daerah dataran tinggi, yakni Aceh wilayah Tengah merupakan penghasil kopi jenis arabika dan robusta Kabupaten Bener Meriah.

Di kabupaten penghasil kopi dengan kualitas ekspor, titik panas tersebar pada tiga kecamatan yakni Bandar dua titik, Permata dan Syiah Utama berbagi masing-masing satu titik.

Sisanya satu titik panas lagi terdeteksi di Kabupaten Aceh Utara, tepatnya Kecamtatan Simpang Keuramat yang memiliki tingkat kepercayaan 56 persen.

“Empat titik di Bener Meriah, dua titik panas di antaranya berada di Bandar, patut diduga sebagai titik api. Karena miliki tingkat kepercayaan 81 persen dan 89 persen,” jelasnya.

“Sedangkan satu titik di Syiah Utama, merupakan titik api yang telah terjadi kebakaran hutan atau lahan di kecamatan itu. Tingkat kepercayaan menunjukkan 100 persen” tegas Zakaria.

Pemerintah Aceh hingga kini belum memiliki rencana membentuk tim pengendalian kebakaran hutan dan lahan demi mencegah terjadi kebakaran terutama di lahan bergambut.

Wakil Gubernur Aceh Nova Iriansyah di tahun 2017 mengatakan, pemerintah akan menetapkan formulasi tentang pencegahan kebakaran hutan dan lahan sesuai arahkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Jadi yang penting sekali adalah pencegahan. Sulit sekali dipadamkan kalau api itu besar, dan aspek pencegahan lebih efektif,” ujar Nova pula. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Modernisasi di Sana Dimulai Dengan Pajak Untuk Pria Yang Berjenggot

Para pria dianjurkan tidak berjenggot. Bagi yang bersikeras tetap berjenggot, mereka dikenakan pajak, sesuai dengan status sosial dan profesi.. Lama saya terdiam mengenang tokoh yang begitu terobsesi membaratkan negaranya: Peter the Great. Soal jenggotpun, ia atur.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

TERPOPULER