BMKG: 10 Titik Panas Muncul di ACEH

0
175
BMKG, titik panas
ilustrasi titik panas (Foto: Istimewa)

BANDA ACEH – Seiring dengan masuknya puncak musim kemarau, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, terdapat sepuluh hotspot atau titik panas muncul di Provinsi Aceh.

“Titik panas itu tersebar di berbagai penjuru Aceh” terang Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Kelas I Sultan Iskandar Muda Blang Bintang, Zakaria di Banda Aceh, Selasa (18/7).

Ia menjelaskan terdapat total tujuh kabupaten/kota yang terpantau hotspot seperti di wilayah Tengah, Barat, Timur, dan Selatan di provinsi paling Barat di Indonesia ini.

“Pantauan satelit Terra dan Aqua, titik panas terdapat di Aceh Besar dengan berada di Kecamatan Jantho, dan Aceh Singkil di Kecamatan Singkil Utara masing-masing dua titik” papar Zakaria.

Kemudian, di Aceh Tengah terdeteksi dua titik di Kecamatan Atu Lintang dan Kebayakan, Bener Meriah satu titik di Kecamatan Rimegayo dan Aceh Barat satu titik di Kecamatan Johan Pahlawan.

“Terakhir di Bireuen satu titik bareada di Kecamatan Peusangan, dan Lhokseumawe tepatnya di Kecamatan Banda Sakti,” jelasnya.

Menurut Zakaria, dari gambar di satelit menunjukkan tujuh dari total sepuluh titik panas, berkategori merah yang dipastikan muncul karena suhu di lokasi tersebut tergolong tinggi.

Namun tidak menutup kemungkinan untuk berpotensi terjadinya kebakaran, sebab di Aceh memiliki 0,2 juta hektare atau sekitar 216 ribu hektare lebih lahan gambut.

“Titik panas muncul, karena wilayah Aceh saat ini mulai memasuki musim kemarau bersifat kering,” tuturnya.

Tercatat bulan Juni silam, lahan gambut terbakar pada tiga kecamatan yakni Johan Pahlawan, Meureubo, dan Samatiga di Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

Luas lahan gambut yang terbakar terpencar pada 12 titik atau lokasi dengan perkiraan mencapai 65 hektare lebih. (HA)

SUMBERAntara
BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Ustadz Mokhammad Nasih

Tulisan Pesantren Dijual dan Isu Dolly Buka Kembali, Ini Klarifikasinya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Pimpinan Pondok Pesantren Jauharotul Hikmah (JH), ustadz Mokhammad Nasih melakukan klarifikasi tulisan yang akhir-akhir ini viral di media sosial terkait pemberitaan...
Rudi Suhartanto

Amankan Pilkades, DPMD Bentuk Panitia Pengawas

SERANG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 34 desa di Kabupaten Serang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 November mendatang. Sekretaris...

Jatim Jadi Tuan Rumah Workshop APPSI 2017

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Pemerintah Jawa Timur menjadi tuan rumah penyelenggaraan workshop Assosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) pada tanggal 21-23 November 2017. Workshop yang...

KANAL WARGA TERBARU

Sanad Menghilangkan Fitnah Berita

Contoh, ada seorang yang mengabarkan sebuah berita :"Ada penyusup di HMI, jadi bertindak rusuh!". Yang membaca bisa salah persepsi. Ada yang memahami masuknya penyusup saat...

Fenomena Lepas Jilbab

Lepas jilbab dalam bahasan ini bermakna melepas jilbab dengan niat tidak menutup aurat yang seharusnya tidak diperlihatkan. Penekanannya bukan untuk menyalahkan pihak yang setuju...
KH. Luthfi Bashori

SELAGI PEMIMPIN ITU MASIH SHALAT, JANGAN DIPERANGI SECARA FISIK

Luthfi Bashori St. Ummul Mukminin St. Ummu Salamah Ra menuturkan, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya akan diangkat penguasa di kalanganmu, lalu engkau ketahui mereka...