Bengkulu Selatan Targetkan Produksi Jagung 108 Ribu Ton

0
24
Tanaman jagung (foto:Agrotani)

BENGKULU, SERUJI.CO.ID –  Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, menargetkan produksi jagung tahun 2018 mencapai 108 ribu ton.

Pelaksana tugas Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi di Manna, Selasa (29/5), mengatakan, guna meningkatkan target produksi itu, pemerintah daerah menambah luas tanam 18 ribu hektare dengan asumsi per hektar lahan mampu memproduksi enam ton jagung.

“Penanaman akan dilakukan di luar jagung masyarakat secara mandiri,” katanya.

Untuk mencapai target itu, pemerintah daerah akan mengoptimalkan pemanfaatan lahan tidur dan memberikan bantuan benih kepada masyarakat.

Terkait penyediaan benih dan pembelian saat panen, lanjutnya, akan difasilitasi oleh PBNU dan bekerjasama dengan PT PPI, sebuah unit BUMN yang bergerak di bidang perdagangan.

“Mereka memfasilitasi lewat grup-grup bisnis mulai dari perbankan, penyedia benih hingga pabrik pakan ternak. Kalau produksinya sudah memungkinkan, maka mereka akan mengupayakan agar jagung kita bisa menembus pasar ekspor,” ujar Gusnan.

Menurutnya, peningkatan produktivitas jagung akan berimplikasi langsung terhadap kesejahteraan petani sebab produksi jagung dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Upaya ini merupakan komitmen pemerintah setempat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung ketahanan pangan nasional, imbuh Gusnan.

Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bengkulu Selatan, luas lahan pertanian di Kabuppaten Bengkulu Selatan mencapai 100.155 hektare dan luas lahan bukan pertanian mencapai 13.289 hektare. (Ant/Su02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Mini Bus Tabrak Warung, 1 Tewas di Tempat

LANGKAT, SERUJI.CO.ID -  Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalan lintas Sumatera dari Aceh menuju Medan, Sumatera Utara, mobil mini bus berpenumpang menabrak bengkel dan warung...

Tim Gabungan Kembali Temukan Jenazah Penumpang KM Sinar Bangun

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Tim gabungan kembali menemukan tiga jenazah penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam di perairan Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara. Kepala Badan Penanggulangan Bencana...
Mochamad Iriawan

Komjen Iriawan Minta KPU Jamin Hak Pemilih

BANDUNG, SERUJI.CO.ID -  Penjabat Gubernur Jawa Barat Komjen M Iriawan meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat dan KPU kabupaten/kota menjamin hak pemilih...

Tingkat Kecelakaan Arus Mudik di Jabar Turun

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan tingkat kecelakaan selama arus mudik dan balik Lebaran 2018 di Jawa Barat mengalami penurunan...
Mochamad Iriawan

Jadi Pj Gubernur Jabar, Komjen Iriawan: Saya Akan Netral

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Komisaris Jenderal (Komjen) Pol M Iriawan meminta masyarakat tidak perlu ragu terkait penunjukan dirinya sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat oleh Presiden...