Bengkulu Selatan Targetkan Produksi Jagung 108 Ribu Ton

0
40
  • 2
    Shares
Tanaman jagung (foto:Agrotani)

BENGKULU, SERUJI.CO.ID –  Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, menargetkan produksi jagung tahun 2018 mencapai 108 ribu ton.

Pelaksana tugas Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi di Manna, Selasa (29/5), mengatakan, guna meningkatkan target produksi itu, pemerintah daerah menambah luas tanam 18 ribu hektare dengan asumsi per hektar lahan mampu memproduksi enam ton jagung.

“Penanaman akan dilakukan di luar jagung masyarakat secara mandiri,” katanya.

Loading...

Untuk mencapai target itu, pemerintah daerah akan mengoptimalkan pemanfaatan lahan tidur dan memberikan bantuan benih kepada masyarakat.

Terkait penyediaan benih dan pembelian saat panen, lanjutnya, akan difasilitasi oleh PBNU dan bekerjasama dengan PT PPI, sebuah unit BUMN yang bergerak di bidang perdagangan.

“Mereka memfasilitasi lewat grup-grup bisnis mulai dari perbankan, penyedia benih hingga pabrik pakan ternak. Kalau produksinya sudah memungkinkan, maka mereka akan mengupayakan agar jagung kita bisa menembus pasar ekspor,” ujar Gusnan.

Menurutnya, peningkatan produktivitas jagung akan berimplikasi langsung terhadap kesejahteraan petani sebab produksi jagung dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Upaya ini merupakan komitmen pemerintah setempat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung ketahanan pangan nasional, imbuh Gusnan.

Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bengkulu Selatan, luas lahan pertanian di Kabuppaten Bengkulu Selatan mencapai 100.155 hektare dan luas lahan bukan pertanian mencapai 13.289 hektare. (Ant/Su02)

Langganan berita lewat Telegram
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU