Banjir Rendam 3.871 Rumah di Asahan Sumut

ASAHAN, SERUJI.CO.ID – Sebanyak 3.871 rumah warga pada 11 kecamatan di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara terendam banjir dengan ketinggian air rata-rata mencapai 50 cm.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan, Kamis (9/11), menyatakan banjir terparah berada di Desa Silau Tua, Kecamatan Tinggi Raja, dan Desa Piasa Ulu, Kecamatan Buntu Pane.

Rata-rata ketinggian air mencapai 50 cm hingga 60 cm.

Dampak banjir juga dirasakan oleh 3 sekolah dasar (SD) dan 5 kantor pemerintahan, ratusan hektare lahan pertanian, baik tanaman padi maupun palawija yang rusak akibat terdampak banjir.

Kemudian, bencana banjir juga menimbulkan kerugian infrastruktur, seperti 8 tanggul jebol, terputus beberapa jembatan, drainase, dan sejumlah ruas jalan yang terabrasi. Banjir juga mengakibatkan longsor pada beberapa wilayah di Asahan.

“Kerugian materi akibat bencana banjir ditaksir sekitar Rp 47 miliar,” kata Kepala BPBD Kabupaten Asahan Syarifuddin Harahap melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Asahan Khaidir Sinaga.

Khaidir menjelaskan, bencana banjir akibat hujan yang terjadi di hulu sungai di Kabupaten Simalungun.

Setiap hari, curah hujan dengan intensitas bervariasi, ringan, sedang maupun tinggi menyebabkan debit air meningkat, diikuti dengan kenaikan permukaan air sungai besar yaitu Sungai Aek Silau Piasa dan Sungai Piasa Ulu.

“Kondisi itu diperparah dengan kondisi dinding sungai yang rendah karena tidak mampu menampung tinggi debit air, sehingga limpasan air meluap ke permukiman warga dan jalan,” katanya lagi.

Upaya untuk mengatasi dampak banjir, menurut Khaidir, pihaknya telah mendirikan Posko Induk Tanggap Darurat di halaman kantor BPBD di Kisaran.

Selain itu, sejumlah posko lapangan, meliputi posko kesehatan dan dapur umum telah didirikan guna membantu warga yang terdampak banjir untuk menyalurkan bantuan (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?

Sambut Konferwil AMSI Jatim, Begini Pesan Kapolda Jawa Timur

"Saya terima kasih teman-teman dari AMSI, mudah-mudahan bisa mengawal suplai berita kepada masyarakat dalam koridor jurnalistik yang tetap menjaga objektifitas. Saya senang sekali bisa audiensi dan bersilaturahmi," kata Irjen Fadil di Mapolda Jatim

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

TERPOPULER