Balai Konservasi Temukan Habitat Baru Bunga Rafflesia

BENGKULU, SERUJI.CO.ID – Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung menemukan habitat baru bunga langka Rafflesia sp di kawasan hutan Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Kaba, di Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu.

“Tim menemukan satu titik habitat baru Rafflesia sp di kawasan hutan sekitar gunung api aktif Bukit Kaba,” kata Kepala BKSDA Bengkulu-Lampung Abu Bakar Cekmat di Bengkulu, Senin (2/4).

Ia mengatakan saat ditemukan pada awal Maret lalu, ada dua bongkol atau calon bunga yang siap mekar dan dalam dua hari terakhir sudah mulai membuka.

Petugas belum mengetahui dengan jelas jenis bunga langka tersebut apakah masuk spesies Rafflesia arnoldii atau Rafflesia bengkuluensis.

“Sekilas lebih menyerupai Rafflesia bengkuluensis, tapi nanti akan ketahuan dengan jelas setelah mekar sempurna,” ucapnya.

Keberadaan habitat bunga langka tersebut, menurut dia, akan menambah keragaman spot wisata di Bukit Kaba yang selama ini dikenal sebagai tujuan wisata mendaki bukit.

Bukit Kaba yang merupakan gunung api aktif dengan ketinggian berkisar 1.900 meter di atas permukaan laut merupakan salah satu tujuan wisata mendaki gunung yang cukup dipadati pengunjung, terutama akhir pekan dan hari libur.

Untuk menjangkau lokasi ini, pengunjung harus berkendara menggunakan roda dua atau roda empat dari Kota Bengkulu menuju Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejanglebong.

Dari desa tersebut pendakian dimulai selama dua hingga tiga jam menuju puncak Bukit Kaba. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.