Api Pengeboran Ilegal di Aceh Timur Behasil Dipadamkan

BANDA ACEH, SERUJI.CO.ID – Kobaran api dari semburan gas bumi di sumur minyak tradisional di Dusun Bhakti, Gampong Pasir Putih, Kecamatan Ranto Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, telah dapat dipadamkan.

“Api sudah padam. Alhamdulillah,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Teuku Ahmad Dadek melalui telepon seluler di Banda Aceh, Kamis (26/4).

Ia menjelaskan, api yang membumbung tinggi ke udara karena semburan gas hingga mencapai 100 meter, kini sudah tidak muncul terlihat ke permukaan tanah.

Namun, ia melanjutkan, saat ini yang tersisa cuma semburan gas bumi berwarna keputihan membumbung tinggi ke udara sekitar 70 meter lebih.

Lokasi kejadian ledakan sumur minyak ini sekitar 20 kilometer dari jalan lintas nasional Banda Aceh-Medan yang terletak di Desa Beusa, Kecamatan Peureulak, Aceh Timur.

Sumur minyak yang dikelola secara ilegal oleh warga setempat berjarak sekitar 60 kilometer dari Idi, ibu kota Kabupaten Aceh Timur.

“Jam lima tadi, tapi gas keluar terus. Padam dengan sendiri. Apinya mengecil (perlahan), tapi (tekanan) gas masih kuat,” kata Ahmad.

Baca juga: Korban Tewas Pengeboran Ilegal di Aceh Bertambah

Kapolda Aceh, Irjen Pol Rio S Djambak kemarin mengajak warga di Kecamatan Ranto Peureulak, Aceh Timur, untuk tidak melakukan aktivitas penambangan minyak secara ilegal, karena sewaktu-waktu bisa menimbulkan bahaya.

“Aktivitas pengeboran seperti ini ilegal, namun kita tidak bisa melarang karena sumber ekonomi rakyat. Tapi kejadian ini membuat kita sadar, agar tidak melakukan kegiatan ilegal,” kata Kapolda ketika berkunjung ke lokasi ledakan dan terbakarnya sumur minyak ini.

Rio menuturkan, kehadirannya ke lokasi merupakan bentuk kemanusiaan sekaligus mewakili Forkompimda Aceh, yang langsung hadir melihat kondisi masyarakat dan pengamanan yang sejauh ini sangat baik.

Tercatat 19 orang meninggal dunia, dan 40 orang masih di rawat intensif di tiga rumah sakit setempat, dan beberapa diantaranya di rujuk ke rumah sakit di Banda Aceh.

“Kita turut berduka atas meninggalnya sejumlah korban dan puluhan lainnya menderita luka serius akibat ledakan ini,” ujar dia. (Ant/SU02)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Potret Pengelolaan BUMN: Prinsip GCG vs Managemen “Koncoisme”

Fenomena pengelolaan BUMN dan BUMD yang tidak mengindahkan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip GCG sangat potensial membawa kerugian dan kebangkrutan terhadap perusahaan BUMN dan BUMD yang bersangkutan.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER