Akibat Orangtua Kurang Peduli, 131 Anak Nelayan di Bangka Tengah Putus Sekolah

0
26

KOBA, SERUJI.CO.ID – Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat sebanyak 131 anak putus sekolah di daerah itu karena berbagai sebab.

“Sebanyak 131 anak tersebut berdasarkan data pada 2017 dan mayoritas adalah anak nelayan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Bangka Tengah, Iskandar di Koba, Selasa (27/2).

Ia menjelaskan, sebanyak 131 anak putus sekolah itu dengan rincian 76 orang tingkat SD dan 55 pelajar SMP/MTs yang tersebar pada enam kecamatan di daerah itu.

“Mereka berhenti sekolah bukan karena persoalan ekonomi tetapi karena orang tua anak sering berpindah tempat, terutama anak para nelayan,” katanya.

Ia mengatakan, persoalan ekonomi tidak menjadi alasan bagi orang tua untuk tidak menyekolahkan anak mereka karena ditanggung pemerintah daerah.

“Ini lebih kepada perhatian dan tanggung jawab orang tua untuk menyekolahkan anak mereka. Kadang-kadang kepedulian orang tua untuk menyekolahkan anak mereka sangat rendah karena sering hidup berpindah tempat seperti para nelayan sehingga mengabaikan pendidikan anak,” katanya.

Pihaknya terus mendorong para orang tua yang anaknya putus sekolah ini untuk memperhatikan pendidikan anaknya dengan memberikan motivasi serta semangat pentingnya pendidikan untuk masa depan generasi muda.

“Kami akan upayakan sebanyak 131 anak yang putus sekolah ini kembali ke bangku sekolah karena mereka adalah generasi emas yang memiliki masa depan yang panjang,” katanya.  (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

PKPU Human Initiative Respon Gempa Banjarnegara

BANJARNEGARA, SERUJI.CO.ID - Gempa berkekuatan hampir mencapai 4,4 SR yang mengguncang wilayah Pekalongan dan Banjarnegara pada Rabu (18/4) lalu, telah berdampak cukup serius terhadap warga...

Vonis 15 Tahun Penjara Setnov, Ini Tanggapak JK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla menanggapi vonis terhadap mantan ketua DPR yang juga politikus Partai Golkar Setya Novanto terkait kasus korupsi proyek...
Jembatan Ujung Galuh

Sebelum Diserahkan ke Pemkot Surabaya, Jembatan Ujung Galuh Diuji Kekuatan

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Jembatan Ujung Galuh, yang menghubugkan Jalan Ngangel dengan Jalan Darmokali, Surabaya menjalani uji coba kelayakan kekuatan beban dengan menggunakan sejumlah truk...

Terkait Pilpres 2019, Ini Keputusan JK

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengungkapkan dirinya ingin istirahat dari pencalonan presiden maupun wakil presiden pada Pilpres 2019. "Seperti yang sering saya katakan,...

Satgas Temukan Ladang Ganja di Perbatasan Indonesia-Papua Nugini

JAYAPURA, SERUJI.CO.ID - Satuan Tugas Yonif 121/Macan Kumbang menemukan ladang ganja seluas setengah hektare di Kampung Kalilapar, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, perbatasan RI-Papua Nugini. "Penemuan...