173 Advokat Peradi Diangkat Sumpah Pengadilan Tinggi Pekanbaru

1
375
  • 177
    Shares
pelantikan advokat peradi Pekanbaru (Foto: Rory/Seruji)

PEKANBARU – Sebanyak 173 Calon Advokat dari Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) dilantik untuk pengambilan sumpah Advokat yang tergabung dalam Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) oleh Pengadilan Tinggi Pekanbaru di grand Ball Room Hotel Aryaduta, Pekanbaru, Riau, Kamis (20/07).

Acara yang berlangsung dengan hikmat dan tertib itu dimulai pada pukul 08.00 WIB, serta dihadiri oleh Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PERADI Bapak H. Hermansyah Djulaimi. SH, Sekjen DPN PERADI Bapak Thomas E Tampubolon, SH, MH. dan Kepala Bidang Pengangkatan Advokat Bapak Irwan Adiwinata, SH, MH.

Menurut penelusuran Seruji, dari 173 calon Advokat yang dilantik, 130 orang berasal dari Riau dan 41 Orang dari Kepri.

Loading...

Sebanyak 173 orang calon Advokat tersebut sebelumnya telah dinyatakan Lulus dalam Ujian Pendidikan khusus Profesi Advokat (PKPA).

Pendidikan Advokat ini dilaksanakan selama 1 Bulan atau lebih yang diselenggarakan oleh Beberapa kampus di Riau, antara lain Universitas Lancang Kuning dan Universitas Islam Riau.

Pemateri dalam PKPA biasanya terdiri dari Dosen atau Akademisi, Pengajar dari DPN Peradi dan Advokat Senior di Riau.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Umum DPN PERADI H. Hermansyah Djulaimi. SH, mengatakan bahwa proses untuk menjadi Pengacara (advokat) sangat panjang. Didahului dengan harus lulus sebagai Sarjana Hukum, kemudian mengikuti PKPA, lalu mengikuti ujian PKPA, selanjutnya pelantikan dan terakhir adalah disumpah.

“Terus tidak ada memutihkan yang hitam dan menghitamkan yang putih. Posisi Advokat adalah sebagai Penegak Hukum sejajar dengan posisi Kepolisian, Jaksa dan Hakim. Dengan wilayah kerja nasional, merupakan profesi yang mulia (officium nobile) “, ujar Hermansyah.

Tampak jelas raut bahagia pada acara pelantikan tersebut, terutama bagi calon advokat yang pada pelantikan ini telah resmi dinyatakan sebagai advokat.

Menurut pengakuan seorang Advokat yang baru saja dilantik, Eka Putra Sasmija, SH, MH., yang merupakan lulusan dari Universitas Bung Hatta, Padang, mengatakan bahwa dirinya merasa sangat bahagia sekali bisa dilantik dan disumpah sebagai Advokat pada hari ini.

“Orang tua saya merasa bangga sekali dengan dilantiknya saya sebagai Advokat”, kata Helmy Syafrizal, SH., seorang Advokat lainnya yang merupakan lulusan dari Universitas Islam Negeri Suska di pekanbaru. (RoryAnas/HA)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU