165 Calon Haji di Jambi Dipastikan Batal Berangkat

JAMBI, SERUJI.CO.ID – Sebanyak 165 calon jemaah haji asal Provinsi Jambi dipastikan batal berangkat karena tidak melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) hingga batas waktu yang ditetapkan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jambi Muhammad di Jambi, Selasa (15/5), mengatakan pihaknya telah menutup waktu pelunasan biaya haji dan ada 172 calon jemaah yang belum melunasi.

Dari 172 itu, tujuh orang menyatakan siap membayar. namun ada kendala jejaring, sehingga tidak bisa melakukan pelunasan.

Sementara 165 orang lainnya sudah dipastikan batal berangkat tahun ini.

“Ada bermacam-macam alasan mengapa mereka tidak melunasi biaya haji tersebut,” kata Muhammad.

Meski 165 calon jemaah haji asal Provinsi Jambi batal berangkat, namun itu kata Muhammad tidak berpengaruh terhadap kelancaran perjalanan haji nantinya.

Dijelaskannya, pada 2018 kuota keseluruhan calon jemaah haji sebanyak 2.889 orang termasuk tim haji. Untuk mengisi kekosongan jemaah yang tidak melunasi, pihaknya akan mengambil dari kuota cadangan yang sudah disiapkan oleh Kemenag.

Berdasarkan data Kemenang, 165 orang yang tidak melunasi biaya haji tersebut berasal dari Kota Jambi sebanyak 43 orang, Kabupaten Batanghari 12 orang, Tanjungjabung Barat 30 orang, Bungo 15 orang dan Merangin 12 orang.

Kemudian Kabupaten Kerinci 21 orang, Muarojambi tujuh orang, Tebo delapan orang, Sarolangun 10 orang, Tanjungjabung Timur satu orang dan Kota Sungaipenuh 14 orang.

“Jadi total semua yang belum bayar biaya haji 172 orang, namun yang dipastikan batal berangkat 165 orang. Tujuh calon jemaah haji yang menyatakan siap membayar itu berasal dari Kota Jambi tiga orang, Kabupaten Bungo tiga orang dan satu orang dari Tanjungjabung Barat,” katanya menjelaskan.

Pemerintah telah menetapkan biaya keberangkatan haji 2018 sebesar Rp35.235.290 per orang. Biaya haji tersebut merupakan rata-rata nasional. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER