124.500 Benih Lobster Akan Dilepasliarkan BKIPM Jambi di Perairan Padang

JAMBI, SERUJI.CO.ID – Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jambi berencana melepasliarkan sebanyak 124.500 ekor benih lobster jenis mutiara dan pasir.

“Benih itu sebelumnya hendak diselundupkan dari perairan timur Provinsi Jambi menuju Batam dan Singapura, namun berhasil digagalkan pihak kepolisian setempat,” kata Humas BKIPM Jambi, Sukarni, di Jambi, Selasa (14/5).

Ia mengatakan saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian dan BKIPM Sumatera Barat untuk menentukan lokasi yang aman untuk melepasliarkan benih lobster tersebut dan segera dilakukan agar anakan lobster tersebut bisa tetap hidup di habitatnya.

BKIPM Jambi sedang mempersiapkan teknik pengiriman ratusan ribu ekor benih lobster tersebut ke Padang, Sumatera Barat.

Sebelumnya, Polair Polda Jambi bersama Polres Tanjungjabung Timur berhasil  menggagalkan aksi penyeludupan ratusan ribu ekor benih lobster senilai belasan miliar rupiah itu di perairan setempat, Senin (13/5).

Direktur Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Jambi, Kombes Pol Fauzi Bakti Mochji mengatakan aksi penyelundupan itu terbagi dalam dua tahap pengiriman yang menggunakan kendaraan mobil rental dan kemudian dilanjutkan dengan kapal menggunakan jalur pantai timur Jambi menuju Batam dan Singapura.

Pengungkapan pertama dilakukan anggota Polair Polda Jambi sekitar pukul 01:00 WIB di kawasan Nibung Putih, Kabupaten Tanjungjabung Timur. Delapan kotak berisi benih lobster sebanyak 46.500 ekor dengan rincian 45.000 jenis mutiara dan 1.500 ekor jenis pasir dengan estimasi kerugian negara mencapai Rp6,9 miliar.

Penangkapan kedua oleh Polres Tanjungjabung Timur, ditemukan 13 kotak berisi 78 ribu ekor benih lobster jenis pasir yang diduga berasal dari Provinsi Lampung dan Pulau Jawa dan dibawa ke Jambi untuk diselundupkan ke Batam dan Singapura.

Tiga orang ditetapkan sebagai tersangka yakni berinisial RN, SB dan JA diamankan bersama barang bukti berupa satu unit mobil Kijang Innova warna putih dengan nomor polisi BH 1129 MJ dan Daihatsu putih nomor polisi BH 1460 HW.

Sedangkan untuk 13 kotak tersebut, tidak ada tersangka karena pelaku kabur meninggalkan barang tersebut di tengah jalan.

Ketiga tersangka terancam dijerat pasal 88 jo pasal 16 ayat 1 junto pasal 100 ayat Pasal 7 ayat 3 undang Undang RI Nomor 31 tahun 2004 sebagaimana di ubah dengan UU RI Nomor 45 tahun 2009, dengan ancaman maksimal enam tahun penjara dan denda sebesar Rp1 miliar.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Corpopreneur Yes! Entrepreneur No!

Kita tidak butuh lagi peningkatan jumlah atau persentase entrepreneur. Yang dibutuhkan adalah bagaimana membesarkan perusahaan-perusahaan gurem itu menjadi perusahaan perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan prinsipal yang karyawannya puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.