124.500 Benih Lobster Akan Dilepasliarkan BKIPM Jambi di Perairan Padang

JAMBI, SERUJI.CO.ID – Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jambi berencana melepasliarkan sebanyak 124.500 ekor benih lobster jenis mutiara dan pasir.

“Benih itu sebelumnya hendak diselundupkan dari perairan timur Provinsi Jambi menuju Batam dan Singapura, namun berhasil digagalkan pihak kepolisian setempat,” kata Humas BKIPM Jambi, Sukarni, di Jambi, Selasa (14/5).

Ia mengatakan saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian dan BKIPM Sumatera Barat untuk menentukan lokasi yang aman untuk melepasliarkan benih lobster tersebut dan segera dilakukan agar anakan lobster tersebut bisa tetap hidup di habitatnya.

BKIPM Jambi sedang mempersiapkan teknik pengiriman ratusan ribu ekor benih lobster tersebut ke Padang, Sumatera Barat.

Sebelumnya, Polair Polda Jambi bersama Polres Tanjungjabung Timur berhasil  menggagalkan aksi penyeludupan ratusan ribu ekor benih lobster senilai belasan miliar rupiah itu di perairan setempat, Senin (13/5).

Direktur Polisi Perairan (Ditpolair) Polda Jambi, Kombes Pol Fauzi Bakti Mochji mengatakan aksi penyelundupan itu terbagi dalam dua tahap pengiriman yang menggunakan kendaraan mobil rental dan kemudian dilanjutkan dengan kapal menggunakan jalur pantai timur Jambi menuju Batam dan Singapura.

Pengungkapan pertama dilakukan anggota Polair Polda Jambi sekitar pukul 01:00 WIB di kawasan Nibung Putih, Kabupaten Tanjungjabung Timur. Delapan kotak berisi benih lobster sebanyak 46.500 ekor dengan rincian 45.000 jenis mutiara dan 1.500 ekor jenis pasir dengan estimasi kerugian negara mencapai Rp6,9 miliar.

Penangkapan kedua oleh Polres Tanjungjabung Timur, ditemukan 13 kotak berisi 78 ribu ekor benih lobster jenis pasir yang diduga berasal dari Provinsi Lampung dan Pulau Jawa dan dibawa ke Jambi untuk diselundupkan ke Batam dan Singapura.

Tiga orang ditetapkan sebagai tersangka yakni berinisial RN, SB dan JA diamankan bersama barang bukti berupa satu unit mobil Kijang Innova warna putih dengan nomor polisi BH 1129 MJ dan Daihatsu putih nomor polisi BH 1460 HW.

Sedangkan untuk 13 kotak tersebut, tidak ada tersangka karena pelaku kabur meninggalkan barang tersebut di tengah jalan.

Ketiga tersangka terancam dijerat pasal 88 jo pasal 16 ayat 1 junto pasal 100 ayat Pasal 7 ayat 3 undang Undang RI Nomor 31 tahun 2004 sebagaimana di ubah dengan UU RI Nomor 45 tahun 2009, dengan ancaman maksimal enam tahun penjara dan denda sebesar Rp1 miliar.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

NKRI Adil dan Beradab

Mempertentangkan syariat Islam dengan Pancasila adalah ahistoris dan tidak logis. Apalagi, faktanya, syariat Islam memang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Muslim Indonesia.

Dari Plot Pembunuhan Menuju Monarkhi Konstitusional di Arab Saudia

Aneka media luar dan dalam negeri dengan telanjang menggambarkannya. Tim 15 orang memutilasi, memotong korban ketika korban masih hidup. Suara melengking korban kesakitan yang luar biasa terdengar dan terekam.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....