Warga Pacitan Bertahan Walau Rumah Terendam Banjir

0
117
Banjir Pacitan
Banjir melanda sebuah desa di Pacitan, Selasa (28/11/2017).

PACITAN, SERUJI.CO.ID –┬áPuluhan warga di sejumlah desa di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, nekat bertahan di rumah mereka yang terendam banjir bandang hingga ketinggian satu meter lebih. Dilaporkan dari lapangan, Selasa (29/11), warga memilih menyelamatkan barang-barang serta ternaknya, meski air telah masuk ke dalam rumah.

Saat diingatkan relawan untuk mengungsi, warga sebagian terdiam dan sebagian lain mengaku bingung karena tak siap menghadapi banjir besar yang baru pertama terjadi di wilayah tersebut.

“Kami berharap banjir segera surut,” kata Sutikno, warga Desa Hadiwarno.

Hanya sebagian kecil warga yang memilih mengungsi, terutama orang tua yang sudah jompo atau anak-anak. Warga mengatakan masih ingin bertahan selama banjir belum terlalu tinggi hingga merendam separuh lebih bagian rumah mereka.

“Selama masih bisa ‘jejeg’ (berdiri), tidak masalah,” kata salah satu warga lain yang mengemasi barang-barangnya.

Rafli, salah satu pemuda yang tergabung bersama remaja lain berusaha menyisir beberapa rumah di sepanjang jalur lintas selatan Desa Hadiwarno yang terendam banjir setinggi 1,5 meter untuk mengingatkan warga.

Namun usahanya tak segera membuahkan hasil, karena hanya sebagian kecil yang memilih mengungsi ke tempat aman atau pindah ke rumah berlantai dua untuk bertahan sambil mengawasi rumah mereka.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU