Virus 212 Menjangkiti Warga Jajar Tunggal

SURABAYA – Virus dan spirit 212 memang membakar jiwa para kaum muslimin di pelosok negeri. Tidak terkecuali dari takmir Masjid At Taqwa,  Kelurahan Jajar Tunggal, Kecamatan Wiyung, Kota Surabaya.

Setelah melakukan kunjungan dan studi banding di Masjid Jogokariyan, Jogjakarta pada tanggal 4-5 Februari 2017 lalu,  para pengurus langsung membuat langkah konkret untuk mempraktikkan gerakan salat Subuh berjamaah dengan mengundang tidak hanya warga dari wilayah setempat.

Tepatnya 7 hari setelah studi banding, yakni 12 Februari 2017, pengurus masjid menyelenggarakan salat Subuh berkemajuan dengan mendatangkan narasumber dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, yakni Drs Abdul Haris selaku sekretaris Majelis Tarjih dan Tajdid.

Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 150-an orang ini tidak hanya berasal dari luar wilayah Kelurahan Jajartunggal, tapi Sepanjang, Wonokromo, Lidah Kulon, bahkan Kludan, Sidoarjo, Semampir, Juanda. Mereka hadir di sini untuk menyambung tali silaturahim dan meningkat kualitas keislaman dengan mengikuti kajian bakda Subuh.

Dalam sambutan, Ketua Takmir At Taqwa Mas Amin mengatakan, ini adalah follow up pengurus setelah melakukan studi banding ke Masjid Jogokariyan, Jogjakarta. “Ini juga dalam rangka meningkatkan kualitas memakmurkan masjid. Umat Islam harus cerdas dan berilmu. Jika Senin hingga Sabtu sibuk mencari penghidupan dunia, maka Ahad pagi agar diluangkan waktu untuk mencari penghidupan uhrowi”

Dalam kesempatan itu, Ustad Abdul Haris memberi nasihat bahwa salat Subuh itu berat sekali bagi orang orang munafik. Hanya orang-orang yang kuat imannya yang akan mampu mengerakkan hati dan fisiknya untuk menghadiri panggilan Allah SWT ketika yang lain masih terlelap dan terbuai alam mimpi.

“Oleh sebab itulah, gerakan salat Subuh berkemajuan ini hendaknya benar-benar diistiqomahkan. Tidak berhenti satu kali pelaksanaan setelah itu selesai, tidak ada tindak lanjutnya,” jelas Abdul Haris.

Setelah acara, para jamaah dijamu dengan sarapan pagi makan soto bersama-sama.

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.