Stok Beras di Bangkalan Aman Jelang Ramadhan

BANGKALAN, SERUJI.CO.ID – Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (Dispertapahorbun) Pemkab Bangkalan, Jawa Timur, memastikan stok beras menjelang Ramadhan aman.

“Hasil panen petani di Bangkalan tahun ini melimpah, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan stok beras,” ujar Kasubag Perencanaan dan Evaluasi Dispertapahorbun Pemkab Bangkalan Moh Ridwan di Bangkalan, Selasa (8/5).

Ia menjelaskan, untuk musim panen 1 (MP1) pada Oktober hingga Desember 2017, produksi gabah kering giling di Bangkalan mencapai 165 ribu ton dengan luas tanam 37.000 hektare.

Musim panen 2 (MP2) yakni mulai Januari hingga Maret 2018 dengan luas tanam sebesar 7.000 hektare dan tingkat produktivitas sebesar 5,5 ton diperoleh hasil produksi padi 38.500 ton.

Dengan demikian, maka total produksi padi untuk musim panen 1 dan musim panen 2 mencapai 203.500 ton gabah kering giling dengan produktivitas 5,5 ton/hektare.

“Ini cukup untuk konsumsi masyarakat Bangkalan,” katanya, menjelaskan.

Ridwan menambahkan, dengan dasar perhitungan 203.500 ton gabah kering giling apabila digiling dijadikan beras atau setara beras akan diperoleh 193.875 ton.

Sementara, kebutuhan beras untuk masyarakat Bangkalan dalam satu tahun dibutuhkan sebanyak 116.007 to, dengan asumsi kebutuhan konsumsi per jiwa 120 kilogram selama satu tahun.

Dengan perhitungan tersebut, lanjut Ridhwan, produksi padi pada MP1 dan MP2 sebesar 203.500 ton gabah kering giling atau 193.875 ton beras.

Selain itu, untuk musim kemarau bulan April, Mei, dan Juni 2018 sebagian petani di Bangkalan masih ada yang menanam padi, yakni dengan luas tanam 12.000 hektare.

Ia memperkirakan, akhir Juni sudah dilakukan panen di beberapa tempat, seperti Kecamatan Burneh, Arosbaya, dan Kamal.

Dari luas tanam 12.000 hektare itu, produksi tanaman padi diperkirakan 60.000 ton padi dengan tingkat produktivitas 5 ton/hektare.

“Jadi, perkiraan kami masih ada tambahan stok pada Juni sebesar 60.000 ton padi atau setara beras 45.000 ton dan ini juga akan mengamankan stok beras di Hari Raya Idul Fitri nanti,” kata Moh Ridwan, menjelaskan. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Salah Besar Bila Disebut Konflik Agraria Tidak Ada 3 Tahun Terakhir, Berikut Datanya

Pendapat Guru Besar hukum terkait pernyataan capres nomor urut 01, Jokowi soal tidak adanya sengketa lahan dalam kurun 3 tahun ini di proyek infrastruktur.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Kemcer Di Curug Cipeteuy

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....