Semen Gresik Tunggu Hasil Kajian Terkait Pabrik Semen Rembang

0
130
semen gresik, semen rembang
Pabrik Semen Gresik di Tuban

TUBAN – PT Semen Gresik masih menunggu hasil kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) dari Kementerian ESDM terkait produksi pabrik Semen Rembang di wilayah Jawa Tengah dengan kapasitas 8 ribu ton per hari.

“Kalau sekarang masih percobaan produksi berkisar 5 ribu-6,5 ribu ton per hari,” kata Direktur Utama PT Semen Gresik Sunardi Prionomurti di Tuban, dilansir dari Antara, Senin (19/6).

Menurut Gunardi, pabrik semen Rembang di Kecamatan Gunem, memiliki kemampuan kapasitas produksi mencapai 3 juta ton per tahun atau rata-rata sekitar 8 ribu ton per hari.

Dalam tahap uji coba produksi sejak sebulan lalu, menurut dia, pabrik Semen Rembang tidak melakukan penambangan sendiri, tetapi memperoleh bahan baku dari masyarakat yang melakukan penambangan di sekitar lokasi.

Gunardi menjelaskan, uji coba produksi tidak bisa langsung maksimal, sebab untuk penyesuaian kemampuan mesin di pabrik semen tersebut dan hasil produksinya langsung dijual di pasaran.

PT Semen Gresik, lanjut dia, sebagai sebuah perusahaan milik Negara akan mematuhi hasil KLHS terkait keberadaan pabrik semen Rembang di wilayah Jawa Tengah.

“PT Semen Gresik akan tunduk dengan hasil KLHS,” tegasnya.

Yang jelas, menurut dia, PT Semen Gresik sudah mengantongi 38 izin untuk mendirikan pabrik Semen Rembang. Ia mengibaratkan izin itu seperti kalau naik sepeda motor sudah dilengkapi dengan berbagai kelengkapan mulai SIM, STNK, juga helm sesuai standar.

“Target kami pabrik semen Rembang tahun ini produksinya bisa mencapai 70 persen dari kapasitas kemampuan produksi sekitar 8 ribu ton per hari,” jelasnya.

Ia mengatakan potensi bahan baku yang akan mencukupi kebutuhan pabrik Semen Rembang bisa bertahan sekitar 30-35 tahun. (IwanY)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
bambang soesatyo

DPR: Pemerintah Awasi Peredaran Uang Jelang Pilkada

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah terus mengawasi peredaran uang menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 dan lebaran, karena dikhawatirkan...
tewas

Wakapolres Labuhanbatu Ditemukan Dalam Keadaan Meninggal Dunia

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Upaya pencarian Wakapolres Labuhanbatu Kompol Andi Chandra di perairan Sei Berombang, Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, membuahkan hasil. Namun tim gabungan...
narkoba

Polisi Langkat Ringkus Pembawa 20 Kilogram Ganja

LANGKAT, SERUJI.CO.ID - Aparat polisi Gebang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, meringkus tersangka pembawa 20 kilogram ganja dari Aceh dengan tujuan hendak dipasarkan di Kota...
narkoba

Polisi Langkat Ringkus Pelaku Pembawa Bungkusan Berisi Sabu-Sabu

LANGKAT, SERUJI.CO.ID - Aparat satuan Kepolisian Gebang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, meringkus dan mengamankan tersangka yang kedapatan membawa satu bungkusan besar sabu-sabu dari dalam bus...

BI Nilai Ekonomi Nasional Tetap Solid

MATARAM, SERUJI.CO.ID - Bank Indonesia menilai bahwa perekonomian nasional masih tetap solid ditopang kondisi domestik dan eksternal yang masih baik. "Domestik baik, didukung investasi dalam...