Selama 34 Tahun Tidak Ada Ikatan Kontrak, PT KAI Segel Lahan 2,4 Hektar

1
112
Lahan KAI
Ratusan TNI/Polri dan PolsusKA saat mengawal eksekusi pengosongan aset lahan di Dupak, Surabaya, Rabu (14/3/2018). (foto:Devan/SERUJI)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – PT Kereta Api Indonesia (KAI), Daerah Operasional 8 Surabaya menyegel lahan seluas 2,4 Hektar. Pasalnya lahan yang dihuni CV Kurnia Jaya dan digunakan sebagai gudang barang selama 34 tahun, secara tidak sah, tanpa ikatan kontrak.

Berdasarkan informasi yang diperoleh SERUJI, sejak tahun 1984 perusahaan tersebut menempati lahan di Jalan Dupak nomor 18, yang digunakan sebagai gudang. Namun tidak ada kesepakatan sewa menyewa dengan pihak KAI. Atas kejadian ini Daops 8 menutup akses ke lahan tersebut.

“Lahan tersebut selama ini dimanfaatkan sebagai gudang barang dan Rabu (14/3) kami lakukan pengosongan, lantaran pemilik gudang memang selama 34 tahun tidak ada ikatan kontrak sewa menyewa dengan KAI,” ungkap Deputi KAI Daop VIII Surabaya, Djainuri, saat ditemui dilokasi, Rabu (14/3).

Proses eksekusi sempat berjalan alot sebab pengguna lahan tetap bersikukuh tidak mau mengosongkan lahan, namun sembilan jam kemudian lahan berhasil disegel meski nasib ratusan pekerja belum jelas menyusul pelarangan beroperasi dari PT KAI.

“Ini kompleks ya, yang pasti sertifikatnya milik PT KAI. Lahan ini sudah lama dihuni dan tidak ada sewa menyewa lagi,” ujar Djainuri.

Puluhan tahun tidak ada ikatan kontrak dengan PT KAI, kata Djainuri, pihaknya menghormati proses hukum. Dengan berbekal dokumen sertifikat HPL No. 69 tertanggal 13 Desember 2005 yang dimiliki KAI akhirnya gudang ditutup.

“Kami tentu mematuhi proses hukum yang ada, tapi kami berkomitmen untuk menyelamatkan aset lahan milik negara yang harus diambil alih. Kita menunggu hasil PTUN,” tegasnya. (Devan/Hrn)

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Carragher: Harusnya Rashford Gantikan Sterling di Laga Lawan Panama

LONDON, SERUJI.CO.ID -  Mantan bek Inggris Jamie Carragher meyakini Marcus Rashford semestinya menggantikan sesama penyerang Raheem Sterling untuk pertandingan Piala Dunia melawan Panama, sambil menjelaskan...
Orang tenggelam

Dua Wisatawan Terseret Gelombang di Pantai Teluk Penyu

CILACAP, SERUJI.CO.ID -  Sebanyak dua wisatawan terseret gelombang di Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Jawa Tengah, salah seorang di antaranya selamat, kata Koordinator Basarnas Pos SAR...
Tol Ngawi-Kertosono

Cegah Kemacetan, Ruas Tol Wilangan-Kertosono Difungsikan 24 Jam

MADIUN, SERUJI.CO.ID - Jalan tol fungsional ruas Wilangan-Kertosono, Jawa Timur, difungsikan selama 24 jam untuk kelancaran arus balik Lebaran 2018 di jalur nasional Madiun-Nganjuk-Surabaya yang...
Siswa SMA/MAN

Ini yang Dilakukan Pemkot Surakarta untuk Pemerataan Pendidikan

SOLO, SERUJI.CO.ID - Pemerintah Kota Surakarta menerapkan peraturan mengenai zonasi untuk Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama pada Tahun Ajaran 2018/2019 guna mendekatkan sekolah kepada...

Puncak Arus Balik Transportasi Udara Diprediksi Hari Ini

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kementerian Perhubungan memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2018 dengan moda transportasi udara secara nasional terjadi pada Rabu (20/6), hari ini karena...