Sambut Hari Pahlawan, Elemen Masyarakat Siap Ramaikan Parade Surabaya Juang

0
surabaya
Puluhan seniman Surabaya gelar Refleksi Perobekan Bendera Belanda di Hotel Majapahit (dulu Hotel Yamato), Kamis, 14/9/2017. (Foto: Dok Humas Kota Surabaya)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Banyak elemen masyarakat siap meramaikan agenda tahunan Parade Surabaya Juang pada Ahad (5/11) dengan menampilkan teatrikal perjuangan Arek-Arek Suroboyo pada saat melawan sekutu pada tahun 1945 silam.

Kabid Destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, Retno Hariati, di Surabaya, Jumat (3/11), mengatakan elemen masyarakat itu seperti Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), PNS Pemkot Surabaya, komunitas seni, dan mahasiswa/pelajar.

“Gaung agenda Parade Surabaya Juang ini sudah menasional. Kami berupaya mengagendakan ini sebagai event nasional. Ini sudah dapat lisensi dari Kementerian Pariwisata,” ujarnya.

Untuk tahun ini, Parade Surabaya Juang yang menempuh rute dari Jalan Pahlawan menuju kawasan Taman Bungkul, akan lebih banyak menampilkan aksi teatrikal. Sedikitnya ada 28 unsur komunitas yang akan ikut tampil dalam agenda ini.

Ketua Komunitas Surabaya Juang, Herry Lentho menyampaikan Parade Surabaya Juang akan menempuh rute sejauh 6,5 kilometer dari Tugu Pahlawan dan berakhir di Taman Bungkul.

Menurutnya, parade akan diawali dengan teatrikal Sumpah Pregolan (sumpah merdeka atau mati).

“Nanti ada yang memerankan tokoh Gubernur Suryo lalu memberikan plakat (prasasti perang kemenangan perjuangan Surabaya) kepada bu wali kota,” ujarnya.

Selain di kawasan Tugu Pahlawan, teatrikal juga akan digelar di kawasan Siola, yakni perang TKR laut, kemudian teatrikal perobekan bendera belanda di Hotel Mojopahit yang dilanjutkan pembacaan puisi “Surabaya” karya K.H. Mustofa Bisri (Gus Mus). Kemudian teatrikal perang 10 November di depan Grahadi, lalu di Tugu Bambu Runcing dan Polisi Istimewa-Sekolah Santa Maria.

“Intinya, yang berbeda tahun ini, kalau dulu parade lebih banyak berjalan, sekarang sosiodrama. Ada urutan cerita dari awal hingga akhir. Ada 350 pencinta sejarah yang akan ikut serta yakni ada dari Kalimantan, Sulawesi. Ibaratnya, Parade Surabaya Juang ini merupakan hari rayanya pencinta sejarah,” katanya. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Gebyar Anak Bangsa

Satlantas Polresta Yogyakarta Sosialisasi Keselamatan Anak di Jalan

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Untuk menggugah kesadaran pengguna jalan, Jajaran Satlantas Polresta Yogyakarta terus melakukan sosialisasi keselamatan dalam berlalu lintas. Selain himbauan kepada para pengguna jalan, sosialisasi...
Muhammad Fawaid

Gandeng PKS, Gerindra Siapkan Pasangan EMAS di Pilgub Jatim

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Partai Gerindra memunculkan nama baru di Pilgub Jatim 2018 mendatang. Nama yang digadang-gadang akan diusung Gerindra bersama partai Koalisinya yaitu Partai...
Kunjungan BPJS

Dirut BPJS Kesehatan Tinjau Pelayanan RS di Medan

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Fachmi Idris meninjau RS Bunda Thamrin, Medan yang merupakan salah satu rumah sakit...
Kelompok Kriminal Bersenjata

Polisi Ungkap Aksi Kejahatan Kelompok Separatis di Tembagapura

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Polisi di Provinsi Papua mengungkap aksi kekerasan dan kejahatan yang dilakukan kelompok separatis dari Tentara Pembebasan Nasional Organisasi Papua Merdeka (TPN...
Khofifah Indar Parawansa

Spanduk Golkar Dukung Khofifah Bertebaran di Surabaya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Spanduk berlambang Golkar mendukung bakal Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sudah mulai bertebaran di sejumlah titik di Kota Surabaya. Spanduk...
Spanduk dukungan Setnov ke RK

Spanduk Dukungan dari Setnov Bertebaran, Ini Respon Ridwan Kamil

BANDUNG, SERUJI.CO.ID -  Kandidat calon Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, enggan mengomentari beredarnya spanduk dan baliho yang bergambar dirinya bersama ketua DPP Golkar, Setya Novanto...