Sambut Hari Pahlawan, Elemen Masyarakat Siap Ramaikan Parade Surabaya Juang

0
93
surabaya
Puluhan seniman Surabaya gelar Refleksi Perobekan Bendera Belanda di Hotel Majapahit (dulu Hotel Yamato), Kamis, 14/9/2017. (Foto: Dok Humas Kota Surabaya)

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Banyak elemen masyarakat siap meramaikan agenda tahunan Parade Surabaya Juang pada Ahad (5/11) dengan menampilkan teatrikal perjuangan Arek-Arek Suroboyo pada saat melawan sekutu pada tahun 1945 silam.

Kabid Destinasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya, Retno Hariati, di Surabaya, Jumat (3/11), mengatakan elemen masyarakat itu seperti Forum Pimpinan Daerah (Forpimda), PNS Pemkot Surabaya, komunitas seni, dan mahasiswa/pelajar.

“Gaung agenda Parade Surabaya Juang ini sudah menasional. Kami berupaya mengagendakan ini sebagai event nasional. Ini sudah dapat lisensi dari Kementerian Pariwisata,” ujarnya.

Untuk tahun ini, Parade Surabaya Juang yang menempuh rute dari Jalan Pahlawan menuju kawasan Taman Bungkul, akan lebih banyak menampilkan aksi teatrikal. Sedikitnya ada 28 unsur komunitas yang akan ikut tampil dalam agenda ini.

Ketua Komunitas Surabaya Juang, Herry Lentho menyampaikan Parade Surabaya Juang akan menempuh rute sejauh 6,5 kilometer dari Tugu Pahlawan dan berakhir di Taman Bungkul.

Menurutnya, parade akan diawali dengan teatrikal Sumpah Pregolan (sumpah merdeka atau mati).

“Nanti ada yang memerankan tokoh Gubernur Suryo lalu memberikan plakat (prasasti perang kemenangan perjuangan Surabaya) kepada bu wali kota,” ujarnya.

Selain di kawasan Tugu Pahlawan, teatrikal juga akan digelar di kawasan Siola, yakni perang TKR laut, kemudian teatrikal perobekan bendera belanda di Hotel Mojopahit yang dilanjutkan pembacaan puisi “Surabaya” karya K.H. Mustofa Bisri (Gus Mus). Kemudian teatrikal perang 10 November di depan Grahadi, lalu di Tugu Bambu Runcing dan Polisi Istimewa-Sekolah Santa Maria.

“Intinya, yang berbeda tahun ini, kalau dulu parade lebih banyak berjalan, sekarang sosiodrama. Ada urutan cerita dari awal hingga akhir. Ada 350 pencinta sejarah yang akan ikut serta yakni ada dari Kalimantan, Sulawesi. Ibaratnya, Parade Surabaya Juang ini merupakan hari rayanya pencinta sejarah,” katanya. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...