Ribuan Peserta Aksi Simpatik Tuntut Tegakkan Keadilan Penista Agama

SURABAYA – Ormas Islam Surabaya yang tergabung dalam Gabungan Umat Islam Bersatu (GUIB) melakukan aksi simpatik dalam rangka penegakan hukum yang adil kepada terdakwa penista agama, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, di Pengadilan Tinggi Surabaya di jalan Sumatera, Surabaya, Senin (8/5) pagi.

“Bapak dan Ibu penegak hukum, kami disini hadir hanya menuntut keadilan. Keadilan terhadap penista agama. Tidak ada tujuan lain dari itu. Kami dukung penuh penegak hukum agar tidak ada intervensi dari luar, ” kata Ustadz Syaiful Arifin dari Ikadan Dain Indonesia (IKADI) dalam orasinya.

Aksi yang melibatkan sekitar 2000 orang yang berasal dari berbagai ormas Islam diantaranya Hidayatullah, FPI, HTI dan IKADI, diterima langsung oleh ketua pengadilan tinggi Surabaya Abdul Kadir.

Ketua pengadilan tinggi Surabaya yang diminta peserta aksi untuk naik ke mobil komando, berjanji akan meneruskan aspirasi peserta aksi ke Mahkamah Agung.

“Kewenangan memvonis adalah hak hakim, siapapun tdk boleh intervensi,” katanya.

Aksi simpatik yang dipimpin GUIB ini awalnya dipusatkan di jalan gubernur Suryo di sisi Selatan depan Grahadi. Setelah peserta berkumpul maka aksi dilanjutkan dengan berkonvoi menuju Pengadilan Tinggi Surabaya yang terletak di jalan Sumatera.

Sepanjang jalan dari Grahadi menuju pengadilan tinggi di jalan Sumatera, lewat mobil komando, pimpinan aksi terus menyuarakan aspirasinya kepada masyarakat pengguna jalan.

Tepat di monumen bambu runcing peserta aksi berhenti sejenak untuk mengingatkan sejarah kota pahlawan yang dipenuhi dengan pahlawan dan pejuang islam.

Ada pemandangan menarik saat aksi berlangsung di Pengadilan Tinggi Surabaya, Walikota Surabaya Tri Rismaharini sempat mendekati mobil komando peserta aksi.

Walikota wanita pertama Surabaya ini bersimpati atas aksi yang dilakukan oleh umat Islam yang tergabung dalam GUIB tersebut. Risma meminta ke peserta aksi agar dukungan untuk penegakan hukum ini juga dilakukan dengan doa.

Menjelang adzan Dhuhur aksi simpatik ini disudahi dengan doa. Atas saran dari Risma akhirnya GUiB memutuskan tidak jadi ke gedung DPRD Jawa Timur, selain juga karena banyak anggota dewan yang sedang kunjungan kerja.

 

EDITOR: Harun S

1 KOMENTAR

  1. Sudah sepantasnya Ahok ditempatkan di penjara..
    Ahok terbukti melakukan penghinaan Agama di kepulauan seribu..
    Ahok jelas mengakui nya.. Ahok jelas sangat intoleran terhadap muslim..
    Tangkap Ahok, Tangkap Koruptor BLBI, Tangkap Penipu rakyat .. Tangkap si Tongkol..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.