Puluhan Rumah di Probolinggo Rusak Diterjang Puting Beliung

PROBOLINGGO, SERUJI.CO.ID –┬áPuluhan rumah warga di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, rusak akibat diterjang angin puting beliung yang melanda di beberapa wilayah setempat, Selasa (12/12) sore.

“Hujan deras disertai angin puting beliung itu berlangsung singkat yakni hanya 1-2 menit saja, namun kekuatan angin itu sangat dahsyat hingga menyebabkan genting di bagian dapur jatuh berantakan,” kata Siti Maimunah, salah seorang warga yang terdampak angin puting beliung di Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Menurutnya rumah sebagian tetangga juga rusak diterjang angin puting beliung, namun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut karena warga berhasil menyelamatkan diri dari angin kencang yang melanda puluhan rumah di Kecamatan Kraksaan itu.

Hal senada juga disampaikan warga lainnya Mistaji yang mengaku kaget dan tidak percaya dengan kejadian tersebut karena selama ini tidak pernah mengalami hujan deras yang disertai angin puting beliung.


“Saat kejadian, saya masih berada di Kecamatan Paiton dan meninggalkan istri seorang diri di dalam rumah. Setelah datang ke rumah, saya kaget karena melihat kondisi rumah sudah rusak, namun istri saya dalam keadaan baik-baik saja,” tuturnya.

Sementara Camat Kraksaan Edi Suryanto mengatakan peristiwa angin puting beliung itu menyebabkan sebanyak 96 rumah dan tiga mobil rusak berdasarkan data yang dihimpun petugas dari 3 kelurahan yakni Kraksaan Wetan, Sidomukti dan Patokan.

“Di Kelurahan Patokan tercatat ada 19 rumah yang terdampak, kemudian ada mobil rusak akibat tertimpa pohon yang terjadi di RW 5,” katanya.

Selanjutnya di Kelurahan Sidomukti tercatat rumah yang rusak sebanyak lima unit di RW 3 dan yang terparah terjadi di Kelurahan Kraksaan Wetan yang menyebabkan puluhan rumah di 3 RW yang terdampak yaitu RW 4, 6 dan 7.

“Jumlah rumah yang rusak sebanyak 72 unit. Semua rumah mengalami kerusakan pada atap rumah dan genting, namun pada kejadian itu tidak ada korban jiwa. Sedangkan soal kerugian materil masih dihitung oleh pihak yang berwenang,” tuturnya.

Selain rumah yang rusak, lanjut dia, angin puting beliung juga menyebabkan sejumlah pohon di Kecamatan Kraksaan roboh melintang di jalan, sehingga petugas memotong pohon tersebut dan menepikannya, agar lalu lintas di jalan berjalan lancar. (Ant/SU02)

KONSULTASI

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?
Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Baca Juga

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?

Jokowi, Propaganda Rusia dan Rand Corporation

Penggunaan istilah Propaganda Rusia ini menjadi masalah besar sebab dalam kapasitas apa Jokowi menyatakan hal tersebut? Apakah sebagai Presiden Republik Indonesia atau sebatas calon presiden (Capres)?

Dampak Tiket Mahal, Bandara Soetta pun Sepi dan Pedagang Mulai Was-Was

Harga tiket melambung, Bandara Soekarno Hatta pun sepi. Pedagang was was...

Bertemu dengan Sandiaga, Inilah Harapan dan Curhat Peternak Sapi di Pasuruan

Berharap Sandi jadi Wapres, peternak sapi pasuruan curhat persoalannya.

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI

Inilah Lokasi Coto Terenak di Kota Makassar

Lokasi coto terenak di Kota Makassar... catat jika anda berkunjung ke Kota Daeng ini.

Melancong ke Kota Daeng, Jangan Lupa Coto Makassar

Jalan-jalan ke Makassar belum lengkap jika belum cicipi keenakan coto Makassar. Catat inilah lokasinya.

Pengamat Nilai Panggung Debat Kedua Milik Jokowi, Begini Alasannya

Pengamat menilai panggung debat kedua milik Jokowi. Benarkah?

Bertemu dengan Sandiaga, Inilah Harapan dan Curhat Peternak Sapi di Pasuruan

Berharap Sandi jadi Wapres, peternak sapi pasuruan curhat persoalannya.

Pengamat Nilai Panggung Debat Kedua Milik Jokowi, Begini Alasannya

Pengamat menilai panggung debat kedua milik Jokowi. Benarkah?

Dua Relawan Jokowi-KH Ma’ruf Jadi Korban Ledakan Nobar Debat

TKN Jokowi-Ma'ruf menjenguk dua korban ledakan yang terjadi di area debat calon presiden (capres) yang dirawat di RSAL Dr. Mintohardjo.

Jokowi Klaim Dalam 4,5 Tahun Tak Ada Konflik Pembebasan Lahan, Tapi Data Berkata Sebaliknya

Jokowi klaim sudah tidak ada konflik terkait pembebasan lahan dalam proyek infrastruktur. Namun data yang ditemukan SERUJI berbeda...

TERPOPULER